Ketahuilah Beberapa Bahan Pengawet Makanan Berikut Ini

0
96
Bahan Pengawet Makanan
Bahan Pengawet Makanan

Mendengar kata bahan pengawet pada makanan tentu setiap orang memiliki persepsi berbeda-beda, ada yang menanggapinya biasa saja dan ada pula yang menanggapinya serius apalagi jika digunakan pada makanan ataupun minuman. Di zaman modern seperti saat ini tidak dapat dipungkiri kalau produk-produk makanan dan minuman kemasan tak luput dari Bahan Pengawet Makanan yang ditambahkannya, namun ada yang aman dan juga tidak aman bagi tubuh.

Maka dari itu, Anda harus mengetahui lebih lanjut mengenai bahan-bahan pengawet yang digunakan pada produk makanan ataupun minuman agar terhindari dari hal-hal yang tidak diiginkan.

Bahan Pengawet Makanan

  • Ada beberapa Bahan Pengawet Makanan yang diizinkan atau aman untuk digunakan selama penggunannya tidka berlebihan, seperti Asam Propianat, Asam Benzoat, Asam Sorbat, Kalium Benzoat, Sulfur Dioksida, Etil-p-hidroksi Benzoat, Kalium Nitrat, Kalium Bisulfit, Kalium Propinat, Kalium Nitrit, Natrium Sulfit, Metil-p-hidroksi Benzoat, Natrium Metabisulfit, Natrium Bisulfit, Natrium Nitrit, Natrium Nitrat, Nisin, Natrium Propionat dan Propil-phikdroksi Benzoat. Beberapa bahan pengawet untuk makanan ini biasanya ada pada produk makanan atau minuman kemasan yang tertera pada komposisinya.
  • Selain bahan pengawet yang aman dan diizinkan, ada juga bahan pengawet yang diizinkan tapi kurang aman untuk digunakan, seperti Kalium Nitrit, Sulfur Dioksida atau S02, Kalium Benzoat, Kalsium Propionat, Asam Sorbat dan Natrium Metasulfat.
  • Ada juga bahan pengawet yang berbahaya dan sebaiknya untuk dihindari, diantaranya adalah Metanil Yellow, Rhodamin B, Formalin, Asam Borat atau Boraks, dan bahan kimia yang sering disalahgunakan serta bukan untuk makanan atau minuman.

Jika Anda teliti terhadap bahan atau komposisi yang digunakan dalam produk makanan dan minuman, terutama bahan pengawet yang digunakannya, maka Anda tidak akan khawatir lagi ketika mengonsumsinya. Hal tersebut sebagai pengetahuan bagi Anda apalagi anak-anak yang suka makan-makan atau ngemil makanan berkemasan.

Kalau sudah tahu mana yang diperbolehkan dan mana yang tidak, maka Anda harus lebih selektif dalam memilih produk-produk makanan atau minuman yang mengandung Bahan Pengawet Makanan yang aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda dan keluarga.