Perkembangan Teknologi Dari Bidang Pertanian

0
23
Perkembangan Teknologi

Perkembangan Teknologi merupakan hal yang sangat wajar dan selalu diiringi dengan kemajuan di segala bidang. Hal ini juga berlaku bagi sector pertanian yang perkembangan teknologinya tidak kalah maju dengan perkembangan yang ada pada bidang informatika. Saat ini banyak sekali penemuan baru yang dianggap akan dapat menolong dan meningkatkan pertanian yang ada di Indonesia.

Terlebih Indonesia merupakan Negara agraris yang beriklim tropis sehingga sumber daya alamnya yang masih sangat alami akan mendukung bidang pertanian. Karena itulah banyak Negara lain yang iri dan melirik Indonesia mengingat bidang pertanian ini akan menghasilkan pangan yang selalu dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi bidang pangan di seluruh Indonesia.

Perkembangan Teknologi

Perkembangan Teknologi dibidang pertanian ini sangat beragam. Ambil contoh dalam hal property dan alat yang digunakan baik waktu tanam maupun saat panen. Perkembagan yang ada saat ini sungguh sangat berbanding terbalik dengan sepuluh atau lima belas tahun silam.

Hari ini petani dengan teknologinya dapat menekan biaya yang dikeluarkan saat mengolah sampai panen. Dalam hal ini adalah menekan waktu, yang berimbas pada dana saat panen. Dahulu masyarakat menggunakan sistem manual yaitu dengan sistem pungut atau geblok, namun seiring berjalannya waktu hari ini lambat laun petani sudah beralih pada traktor pangkas yang dirasa lebih cepat dan lebih efisien sehingga petani akan menerima hasil panen dengan bersih.

Disisi lain, Perkembangan Teknologi ini tidak hanya terpaku pada alat pertanian saja akan tetapi juga termasuk bibit yang digunakan. Banyaknya bibit unggul yang beredar dengan keunggulan yang beragam memberikan angin segar bagi perkembangan pertanian sehingga harapannya akan panen lebih banyak dan lebih baik.

Selain itu terlepas dari sisi negative dan dampak yang ditimbulkan, pupuk kimia juga sering digunakan untuk mempercepat masa tanam sampai panen. Akan tetapi hari ini pupuk kimia dianggap sebagai salah satu hal yang berbahaya bagi tubuh dan lebih baik digati dengan pupuk organic sehingga tanaman akan lebih segar, lebih baik dan saat dikonsumsi aman bagi tubuh.