gadget

Cara Mudah Memperpanjang Umur Baterai Smartphone

cara menjaga daya tahan Baterai smartphone Baterai merupakan salah satu komponen yang penting agar smartphone dapat berjalan sebagaimana mestinya. Namun terkadang Baterai smartphone tidak bisa bertahan lama, bisa karena faktor baterainya yang sudah lowbat, bisa juga karena penggunaan yang terlalu sering. Salah satu cara menjaga daya tahan Baterai smartphone adalah dengan menggunakan gadget dengan bijak, tidak secara terus menerus namun seperlunya saja.

Berikut ini ada beberapa cara memperpanjang umur Baterai smartphone anda agar tidak mudah habis, diantaranya:

1. Aktifkan fitur battery saver

Setiap smartphone atau android selalu dibelai dengan fitur battery saver. Hal ini berfungsi untuk menjaga Baterai ponsel anda tidak cepat habis. Dan jika Baterai ponsel anda sudah dalam keadaan lowbat, maka sistem akan secara otomatis mengurangi performa CPU nya. Namun jika tidak dipasang, maka ponsel anda akan tetap dalam keadaan full performance yang akan memicu menurunnya kualitas dan ukur ponsel anda sendiri.

2. Jauhi aplikasi yang banyak iklan

Hindarilah menginstal aplikasi yang didalamnya banyak iklan. Aplikasi ini biasanya akan tetap berjalan meskipun ponsel tidak sedang digunakan. Hal ini lah yang membuat Baterai ponsel tetap bekerja meskipun ponsel tidak sedang digunakan. Maka tidak heran jika Baterai tiba-tiba habis meskipun tidak dipakai. Untuk itu jauhilah aplikasi yang banyak memuat iklan, agar ponsel anda dapat bekerja sebagaimana mestinya.

3. Bijak menggunakan fitur lokasi

Fitur lokasi ini memang digunakan untuk mempermudah mencari lokasi, atau jika sewaktu-waktu hp hilang dan sebagainya. namun bijaklah dalam menggunakan fitur ini. karena dapat berpotensi mempercepat habis baterai anda. Fitur ini akan terus mencari sinyal lokasi sehingga Baterai bekerja lebih keras. Untuk itu lebih baik matikan saja fitur tersebut, dan hidupkan jika suatu waktu memang dibutuhkan.

Itulah beberapa tips memperpanjang umur baterai ponsel android anda, sehingga tidak mudah habis. Sebenarnya masih banyak cara menjaga daya tahan Baterai smartphone yang bisa anda lakukan. Untuk itu carilah berbagai informasi cara merawat smartphone anda di berbagai media informasi seperti internet dan sebagainya.