Kenali Proses Perkembangan Otak Anak

0
32
proses perkembangan otak anak

Seiring dengan berjalannya waktu, Si Kecil tentu mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan. Kedua proses ini sangat erat kaitannya dengan perubahan yang terus terjadi. Semisal pertumbuhan yang terjadi secara fisik seperti tinggi, berat, panjang dari bagian tubuh anak.

Tetapi ada juga perkembangan yang akan terlihat bukan dari pertambahan fisiknya, melainkan dari kemampuannya untuk melakukan fungsi dari anggota tubuhnya. Hal ini yang dipengaruhi oleh perkembangan otak. Oleh karena itu sebagai orang tua hendaknya mengenal sekaligus memahami proses perkembangan otak anak yang terjadi dalam fase pertumbuhannya.

proses perkembangan otak anak
Proses pekembangan otak anak

Segala proses dalam menyerap hal-hal baru, proses belajar agar dapat berbicara, berjalan dan sebagainya merupakan beberapa contoh dari adanya perkembangan otak yang baik. Otak merupakan bagian yang sangat penting dalam mengatur segala hal yang dapat dilakukan oleh Si Kecil.

Simak informasi berikut ini untuk mengenal tahapan perkembangan otak pada anak.

Sebuah proses panjang dimulai di dalam kandungan

Sebuah hal yang harus dipahami bagi para orang tua yaitu mengenai tahapan perkembangan otak yang terjadi pada Si Kecil. Perlu diketahui bahwa dimulai dari kandungan otak telah mulai berkembang. Pada fase ini terjadi pembentukan sistem saraf yang pertama sekaligus memproduksi neuron-neuron yang kemudian tersebar ke seluruh bagian saraf tersebut.

Perkembangan terus terjadi seiring dengan pertambahan usianya. Perlahan ukuran otak mulai membesar dan sistem saraf dengan milyaran sel-selnya bergerak lebih cepat yang ditandai dengan berbagai kemampuan baru yang dimiliki Si Kecil. Apalagi pada fase ini jika dibarengi dengan berbagai macam pengetahuan baru yang diberikan oleh orang tua, maka dapat menstimulasi otaknya untuk dapat terus berkembang.

Menginjak usianya yang lebih jauh, maka Si Kecil telah dapat mengingat apa yang pernah diajarkan oleh orang tuanya. Mulai dari mengingat nama-nama benda di sekitarnya hingga kemampuannya dalam berbicara dan berjalan yang telah diajarkan sebelumnya. Kemampuan ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Apalagi ketika memasuki usia sekitar 3 sampai 5 tahun yang merupakan fase pertumbuhan yang ideal untuk mengajarkannya berbagai macam hal. Kemampuan tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat.

Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. Memberinya dukungan dengan susu untuk perkembangan otak anak juga diperlukan.

Untuk mendukungnya dengan asupan nutrisi untuk Si Kecil sebagai susu anak dengan beberapa varian  susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD (Susu Pertumbuhan untuk anak 1 -3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) tersedia untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil.

S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat. Dukung terus kemampuan perkembangan otaknya untuk membantu proses belajarnya agar lebih optimal.