Pentingnya Membatasi Konsumsi Gula pada Anak

0
11
Kandungan gula pada susu Dancow
Kandungan gula pada susu Dancow

Rasa manis merupakan rasa yang sangat disukai oleh sebagian besar anak.  Namun kadar gula yang diberikan untuk dikonsumsi anak harus dibatasi, karena akan berdampak buruk bagi tumbuh kembangnya. Tanpa disadari, banyak makanan dan minuman yang dikonsumsi anak mengandung kadar gula tinggi, seperti permen, minuman jus kemasan, biskuit kue dan sebagainya.

Oleh karena pemberian makanan pada anak harus benar- benar diawasi agar tidak menyesal dikemudian hari. Kandungan Gula pada susu Dancow sangat sedikit bahkan ada yang tidak mengandung gula. Maka sangat aman untuk dikonsumsi.

Kandungan gula pada susu Dancow
Kandungan gula pada susu Dancow

Pentingnya membatasi konsumsi gula pada anak karena dapat mengakibatkan hal- hal buruk seperti berikut:

1. Gigi berlubang dan rusak 

Yang paling sering terjadi pada anak yang terlalu banyak mengkonsumsi gula yaitu gigi pada anak menjadi rusak, seperti gigi berlubang, karies gigi, bahkan gigi copot sebelum waktunya.

2. Lemah otak 

Mengkonsumsi gula berlebihan dapat mengakibatkan lemah otak, dimana anak susah menangkap pelajaran, lebih mudah marah, emosi dan depresi.

3. Menderita penyakit obesitas

Obesitas merupakan kelebihan berat badan yang bisa dipicu oleh banyaknya konsumsi gula secara berlebihan.

4. Beresiko diabetes dan penyakit lainnya.

Anak yang mengkonsumsi gula berlebihan lebih beresiko memiliki penyakit diabetes dan mudah terserang penyakit lainnya saat dewasa kelak.

Sebagai orang tua hendaknya membatasi jumlah gula yang dikonsumsi oleh anak. Berdasarkan Kementrian RI, anjuran konsumsi gula harian menurut kelompok umur adalah:

  • Umur 3 tahun: 2-5 sendok teh
  • Umur 4-6 tahun: 2-6 sendok teh
  • 7-12 tahun: 4-8 sendok teh
  • Lebih dari 13 tahun, dan termasuk dewasa: 5-9 sendok teh ( sekitar 40 gram)

American Heart Association merekomendasikan bahwa untuk anak usia 2-18 tahun sebaiknya hanya mengkonsumsi 6 sendok teh per hari untuk menjaga kesehatan jantung. Sedangkan untuk anak – anak dibawah umur 2 tahun, sebaiknya sama sekali tidak mengkonsumsi gula tambahan. Karena kebutuhan kalori pada usia tersebut masih rendah. 

Agar  kebutuhan nutrisi Si Kecil pada masa pertumbuhannya terpenuhi, maka anda bisa tambahan susu DANCOW GUM yang sesuai usianya dan sangat aman, karena kandungan gula pada susu Dancow Sangat rendah, bahkan ada yang tidak mengandung gula sama sekali.

SHARE
Previous articleIngin Tetap Cantik Seharian Di Kantor