Manfaat Minyak Ikan Untuk Anak yang Perlu Bunda Ketahui

0
121
minyak ikan untuk anak
minyak ikan untuk anak

Minyak ikan mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda karena biasa dikonsumsi oleh anak kecil, orang dewasa, hingga wanita hamil. Minyak ikan sendiri adalah sumber makanan yang memiliki kandungan asam lemak omega 3. Kita ketahui bahwa omega 3 sendiri tidak bisa diproduksi oleh tubuh sehingga minyak ikan menjadi cukup penting bagi si Kecil.

Pada umumnya, minyak ikan memiliki dua omega 3 yaitu Eicosapentaenoic acid (EPA) dan Docodahexaenoic Acid (DHA). Lebih jelasnya, berikut ini pembahasan mengenai manfaat minyak ikan untuk anak:

Mengurangi Risiko Diabetes

Berdasarkan sebuah penelitian, minyak ikan ternyata dapat membantu mengurangi risiko diabetes pada si Kecil. Selain itu, sumber makanan satu ini juga mampu mengurangi risiko penurunan perkembangan kognitif sehingga tumbuh kembangnya lebih maksimal. Namun pastikan memberikan minyak ikan sesuai dengan kebutuhan tubuh di Kecil.

minyak ikan untuk anak
minyak ikan untuk anak

Menanggulangi Gejala Depresi dan Kecemasan

Manfaat minyak ikan untuk anak selanjutnya yaitu menanggulangi gejala depresi dan kecemasan yang mungkin terjadi. Pasalnya, minyak ikan mampu membantu meningkatkan suasana hati sehingga anak tidak akan merasa depresi. Beberapa jenis makanan yang mengandung minyak ikan yaitu salmon, ikan makarel, dan ikan teri.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Omega 3 yang terkandung pada minyak ikan bisa meningkatkan suasana hati serta fungsi otak anak, khususnya perkembangan otak, pembelajaran, serta memori. Bahkan minyak ikan juga mampu meningkatkan kontrol impuls, kemampuan pembelajaran verba, kemampuan membuat perencanaan, dan atensi.

Mengatasi Gejala ADHD

ADHD atau attention-deficit hyperactivity disorder adalah gangguan perkembangan saraf yang biasa terjadi pada masa anak-anak. Kondisi ADHD ini membuat seorang anak kesulitan untuk fokus, impulsif, serta hiperaktif. Omega 3 dalam minyak ikan, khususnya DHA ternyata mampu meningkatkan kerja otak dan juga perilaku anak dengan kondisi ADHD. Namun konsultasikan dengan dokter untuk informasi dosis atau manfaat lengkapnya.

Itulah beberapa manfaat minyak ikan untuk anak yang perlu Bunda ketahui. Selain manfaat di atas, minyak ikan masih memiliki manfaat lain seperti mengurangi asma, menurunkan perilaku agresif, membuat tidur lebih baik, dan lain sebagainya. Agar tumbuh kembang si Kecil semakin baik, Bunda juga bisa memberikan DANCOW 1+ EXCELNUTRI+ yang mengandung omega 3, minyak ikan, dan omega 6. Lebih jelasnya mengenai produk Nestle Dancow ini bisa Anda lihat di dancow.co.id.