Menghitung Masa Subur Dengan Kalender Kesuburan

0
11
kalender kesuburan
kalender kesuburan

Masa subur wanita atau sering juga disebut masa ovulasi sangat penting diketahui oleh wanita sebagai langkah awal untuk merencanakan kehamilan. Masa subur wanita terjadi ketika sel telur dilepaskan dari indung telur, sehingga siap untuk dibuahi oleh sperma. Umumnya masa subur ini terjadi setiap bulan dan dapat mudah diprediksi apabila anda memiliki siklus haid yang teratur.

Untuk wanita yang mengalami siklus haid secara teratur yaitu selama 28 hari, biasanya masa subur terjadi pada hari ke-10 sampai ke-17 dihitung setelah hariĀ  pertama haid. namun banyak wanita yang mengalami siklus haid lebih dari 35 hari dan terjadi secara tidak teratur, sehingga sulit untuk diketahui kapan masa suburnya.

kalender kesuburan
kalender kesuburan

Untuk menghitung masa subur secara mudah, anda dapat menggunakan kalender kesuburan untuk mencatat siklus haid anda.

Cara menghitung masa subur dengan menggunakan kalender kesuburan yaitu:

1. Monitor siklus haidĀ 

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu memonitor siklus haid anda selama 6 bulan berturut-turut. Catat siklus haid setiap bulannya.

2. Tentukan siklus haid terpendek

Setelah anda memonitor siklus haid anda selama 6 bulum berturut-turut, tentukan berapa lama siklus haid terpendek anda selama 6 bulan tersebut.

3. Tentukan siklus haid terpanjang

Selain menentukan siklus haid terpendek, anda juga perlu menentukan berapa lama siklus haid terpanjang anda selama 6 bulan tersebut.

4. Tentukan awal masa subur

Untuk menentukan awal masa subur yaitu anda cukup menghitungnya, caranya adalah siklus haid terpendek-18. Hasil dari hitungan tersebut merupakan awal masa kesuburan anda.

5. Tentukan akhir masa subur

Untuk menentukan akhir masa subur anda cukup menghitungnya, cara menghitungnya adalah siklus haid terpanjang-11. Hasil dari hitungan tersebut merupakan akhir masa kesuburan anda.

6. Untuk bulan berikutnya maka dapat ditentukan masa subur anda yaitu berada diantara masa awal kesuburan sampai dengan masa akhir kesuburan.

Demikian cara menghitung ovulasi dengan kalender kesuburan. Selain kalender kesuburan, banyak alat lain yang dapat digunakan untuk mengetahui masa subur wanita. Salah satunya seperti produk femometer yang memiliki tingkat keakuratan yang sangat tinggi dengan cara kerja mengukur suhu basal tubuh.