Pendidikan

Hindari Hal Hal Berikut Saat Anak Masuk Preschool

Saat anak anda memasuki usia golden age yaitu pada rentang 1 sampai 5 tahun, sebaiknya anak di kenal kan dengan berbagai hal.  Dan hal itu sudah menjadi kewajiban bagi orang tua. Apabila anda merasa belum bisa maksimal dalam memberikan pendidikan dini pada anak maka anda bisa mendaftarkan anak anda ke preschool saat anak anda berusia kira kira 3 sampai 4 tahun.

Tentunya preschool dikhususkan untuk anak supaya lebih mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Banyak preschool yang sudah memiliki kualitas baik, salah satunya ica School yang merupakan preschool internasional jakarta.  Namun ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan orang tua saat anak memasuki usia preschool,  di antaranya adalah :

preschool internasional jakarta
                                                             preschool internasional jakarta
  1. Memaksa anak masuk preschool

Beberapa orang tua terkadang terlalu larut dalam persaingan sosial.  Ada yang memaksa anak masuk preschool karena ikut ikutan trend dan juga grup sosial,  padahal anak belum siap untuk masuk preschool atau bahkan tidak mau. Jika anak anda tidak mau masuk preschool sebaiknya jangan dipaksa karena preschool itu bukan jenjang pendidikan yang wajib melainkan hanya sebuah pendidikan informal untuk mengisi waktu luang anak.

Memaksa anak masuk preschool hanya akan membuat anak stres dan tidak menikmati,  dan itu hanya akan merusak mental anak. Serta yang lebih fatal nya lagi adalah membuat anak antipati pada kehidupan sosial dan sulit untuk diarahkan ke jenjang pendidikan formal nantinya.

  1. Bertanya kepada anak mengenai pelajaran di preschool

Saat di preschool anak akan  diajak bermain sambil belajar.  Terkadang orang tua ingin mengetahui hasil belajar anak selama di preschool.  Sebaiknya jangan bertanya “apa yang sudah dipelajari” tapi tanyalah anak dengan kalimat “ tadi ngapain saja” dengan begitu anak tidak akan terlalu terbebani.  Anak hanya akan mengalir menceritakan apa yang dilaluinya di preschool tanpa harus merasa terbebani untuk mengingat pelajarannya.

Itulah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan orang tua kepada anaknya saat anaknya masuk preschool.  Kemana anda akan memasukkan anak anda untuk preschool? Sebaiknya pilih tempat terbaik seperti preschool internasional jakarta.