Tiga Hal Membantu Anak Belajar Mandiri

0
63
anak belajar mandiri

Mengajarkan anak agar bisa mandiri adalah satu hal yang sangat penting. Hal ini berkaitan dengan kemampuannya dalam cara berfikir yang nantinya akan hadir dalam perjalanan hidupnya. Membuat anak belajar mandiri akan menimbulkan rasa percaya dirinya yang kuat dimana akan menjadi bekal buat masa depannya.

Mengingat kita sebagai orang tua pastinya harus mendukung penuh untuk si kecil ketika sedang mengajarkan anak untuk belajar mandiri, sehingga sangat perlu mengajarkan kemandirian. Untuk membuat anak mandiri bukan serta merta terjadi dalam waktu semalaman.

anak belajar mandiri
anak belajar mandiri

Ada proses, waktu serta komitmen agar hasilnya bisa tercapai. Apa saja langkah yang harus dilakukan?

  • Memberi anak kebebasan dalam memilih

Dimulai dari hal yang paling kecil seperti pakaian apa yang akan dikenakan di satu acara. Meski terlihat sederhana namun dampaknya bisa luar biasa. Si kecil akan merasa bahwa pilihannya tidak “diganggu gugat” oleh orang tuanya. Atau, memilih menu makanan apa yang akan disantapnya. Tugas orang tua hanyalah memastikan bahwa segalanya aman bagi anak tanpa harus memaksakan kehendaknya.

  • Jangan menjadi pahlawan selamanya

Salah satu faktor dalam membuat anak belajar mandiri adalah tidak serta merta menyelesaikan sendiri. Biarkan anak belajar untuk menyelesaikannya meski hasilnya kurang sempurna. Hal ini penting agar si kecil belajar bertanggung jawab atas tugas yang dikerjakan saja

  • Berikan suasana rumah yang nyaman untuk bermain anak

Dengan memberi kesempatan kepada anak bermain didalam rumah maka akan tercipta kedekatan antara si kecil dengan keluarga. Dan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam kemandiriannya Mom bisa dengan mendukung penuh setiap apa yang sedang dilakukan dan selalu untuk mengawasi si kecil.

Cukup banyak faktor yang harus diperhatikan saat anak belajar mandiri. Namun, ketiga hal diatas sudah bisa mewakili segala hal yang berkaitan dengan kemandirian. Yang terpenting selalu dampingi anak dalam melakukan segala hal. Sehingga anak akan tetap merasa bahwa orang tuanya selalu mendukung usaha.

Dan jangan lupa, untuk selalu berdoa kepada Tuhan dalam membimbing anak dengan penuh kasih sayang. Para orang tua juga harus belajar sabar dalam situasi yang bisa saja muncul tatkala anak melakukan hal di luar dugaan.

Memberi tanggung jawab penuh atas segala keputusannya adalah salah satu hal dalam proses anak belajar mandiri. Mau tahu faktor apalagi yang diperlukan? Dapatkan disini informasinya.