Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

0
94
Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan adalah masa yang paling ditunggu oleh semua pasangan suami istri, apalagi jika kehamilan ini merupakan yang pertama dalam pernikahan anda. Masa kehamilan juga merupakan masa yang penting bagi pembentukan dan tumbuh kembang janin dalam rahim ibu. Agar janin tumbuh sehat dan sempurna, dibutuhkan asupan gizi yang hanya didapat dari makanan yang dibutuhkan oleh ibu hamil, yaitu yang mengandung kadar  gizi yang baik bagi pertumbuhan janin seperti mengandung folid acid atau asam folat, protein, lemak terutama lemak tak jenuh dan omega 3. Berikut 4 makanan sehat untuk ibu hamil.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Pertama sereal. Sereal memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Asam folat sangat bermanfaat bagi perkembangan tubuh terutama otak. Asupan asam folat yang mencukupi akan menghindarkan bayi dari cacat otak. Pada trimester pertama, kebutuhan asam folat janin sekitar 400 mg perhari. Selain kandungan asam folat yang tinggi, sereal sangat baik juga untuk kesehatan tubuh terutama jantung.

Kedua ubi jalar. Makanan semacam umbi-umbian ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Kandungan karotenoid sangat bermanfaat bagi pembentukan vitamin A. Yang terpenting apabila kita mengkonsumsi makanan ini, tidak menyebabkan penumpukkan vitamin A di dalam tubuh.

Ketiga kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik bagi kesehatan dan perkembangan janin. Mengkonsumsi kacang-kacangan sangat dianjurkan untuk mengganti konsumsi daging ayam maupun daging merah. Kacang-kacangan bisa dikonsumsi dengan dibuat sup seperti sup kacang merah, bubur kacang hijau atau kita mengkonsumsi produk tang dibuat dari kacang-kacangan seperti tahu, tempe, tauco atau pun selai.

Keempat susu rendah lemah. Ibu hamil harus memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi dua kali lipat dari biasanya. Susu rendah lemak memenuhi 30% dari kebutuhan lemak tubuh sehingga sangat baik bila dikonsumsi oleh para ibu hamil.

Kelima oatmeal. Oatmeal biasanya dikonsumsi saat sarapan. Sangat cocok untuk pengganti sereal. Oatmeal memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang sangat bermanfaat bagi penyediaan energi bagi tubuh. Oatmeal sangat cocok bagi penderita jantung dan juga untuk para penderita kolesterol.
Demikian makanan sehat untuk ibu hamil yang dapat anda jadikan sebagai menu seharu-hari, selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here