4 Makanan Manjur Menjaga Kesehatan Wanita

Semua orang memerlukan makanan kaya nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Bukan hanya kalangan pria saja, bahkan wanita pun lebih memerlukan. Agar tubuh wanita terhindar dari berbagai macam penyakit, diperlukan asupan dari sumber vitamin dan mineral yang cukup. Alhasil, kesehatan wanita pun dapat tetap terjaga secara maksimal.

Berikut ini beberapa makanan manjur menjaga kesehatan wanita:

  1. Edamame

Makanan ini sangat membantu kesehatan para wanita. Edamame memiliki kandungan lemak baik untuk menjaga fungsi seluruh organ di dalam tubuh wanita. Meskipun usianya terus bertambah, jika rutin mengonsumsi edamame maka fungsi organ akan tetap bisa bekerja secara maksimal. Selain itu, dalam makanan yang satu ini mengandung isoflavon. Kandungan tersebut berupa senyawa mirip estrogen yang membantu para wanita saat mengalami menopause.

  1. Brokoli

Mungkin Anda tidak asing lagi dengan jenis sayuran yang satu ini, bukan? Sayuran hijau Ini mengandung sulfaraphane, yaitu sejenis zat kimia yang dapat membantu menurunkan kadar estrogen dan mencegah penyakit kanker pada wanita. Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat penting untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh, seperti vitamin C, vitamin A, kalsium, serat, zat besi, dan folat. Wanita dianjurkan mengkonsumsi brokoli 500 gram dalam kurun waktu 1 minggu.

  1. Sarden

Bagi wanita yang menyusui, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sarden. Di dalam sarden mengandung vitamin D, lemak sehat, dan kalium yang dapat menjaga dan meningkatkan kualitas ASI. Disamping itu, ikan sarden juga mengandung omega 3 yang sangat baik untuk kecerdasan otak anak.

  1. Kacang-kacangan

Wanita yang mesti masalah diabetes atau hipertensi, dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis kacang-kacangan. Pilihlah kacang kenari, kacang merah, dan kacang almond yang aman untuk menjaga kolesterol di dalam tubuh. Jika wanita mengonsumsi sekurang-kurangnya 12 buah kacang kenari setiap harinya, resiko penyakit jantung bisa dihindari tara maksimal.

Itulah empat jenis makanan yang menjual untuk menjaga kesehatan wanita secara umum. Semoga pemaparan ini bermanfaat untuk anda!