6 Bekal Ilmu Yang Didapatkan Dari Kursus Film

Untuk Anda yang ingin menjadi bagian dari industri perfilman maka harus membekali diri terlebih dahulu dengan pengetahuan dasar dunia perfilman. Ilmu-ilmu tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengikuti kursus film. Dengan mengetahui ilmu-ilmu tersebut maka Anda pun akan lebih mudah untuk bekerja bersama dengan tim lainnya. Selain itu, selama mengikuti kursus Anda juga akan diajari untuk mempraktekkan teori yang sudah diberikan.

C:\Users\Hp\Downloads\photo-1534684686641-05569203ecca.jpg

Bekal Materi Yang Berikan

Industri perfilman bisa dikatakan cukup kompleks karena melibatkan banyak skill. Itulah sebabnya, Anda akan diberikan beberapa materi penting yang wajib untuk dikuasai jika tertarik bergabung di industri film.

Screenwriting

Materi wajib yang harus dikuasai adalah screenwriting. Hal ini merupakan awal mula sebelum film dibuat. Untuk membuat skenario yang baik, Anda harus berpegang pada pedoman penulisan yaitu ide dasar, membuat karakter dalam cerita tersebut, memetakan cerita, logline, premis dan lain-lain.

Dengan menggunakan dasar penulisan skenario tersebut maka Anda bisa membuat cerita yang runtut dan memiliki klimaks. Penonton pun akan bisa merasakan jalan cerita sehingga akan lebih antusias menyaksikannya.

Sejarah Film

Guna memperluas wawasan Anda terhadap perfilman maka Anda pun akan diberikan materi Sejarah Film. Anda dapat mengetahui bagaimana pertama kali film tersebut diproduksi. Hal ini juga akan membuat Anda untuk mampu membandingan kualitas film dari zaman ke zaman. Selain mempelajari secara teknis, belajar sejarah film juga menambah pengetahuan Anda terhadap sosial, budaya, teknologi bahkan industry ekonomi.

Sinematografi

Sinematografi merupakan ilmu yang dalam pengambilan gambar sehingga menghasilkan film yang bagus. Penguasan sinematografi yang baik juga akan mendukung artis yang memerankan adegan dalam suatu cerita. 

Ketika belajar sinematografi, Anda tidak hanya fokus belajar cara mengambil video yang benar. Anda juga akan belajar hal lain seperti membaca storyboard, teori konsep visual, belajar sejarah kamera, dan masih banyak lagi hingga proses produksi dilakukan.

Producing

Materi yang tidak kalah keren dan penting untuk dipelajari yaitu proses produksi film. Anda akan mengetahui bagaimana proses awal dalam memproduksi film hingga film tersebut selesai diproduksi. Dengan demikian, Anda nantinya akan paham alur kerja ketika bergabung dengan tim produksi.

Ada banyak hal penting yang harus Anda pelajari selama produksi film yaitu manajemen produksi, membedah naskah, membuat jadwal produksi, serta memperhatikan finansial dalam penggarapan sebuah film.

The Tools of Director

Pada materi ini Anda akan fokus membahas fungsi dari seorang sutradara dalam pembuatan film. Tugas utama yang harus dilakukan oleh seorang sutradara yaitu mempersiapkan metode yang akan digunakan dalam membuat film. Metode tersebut meliputi pembedahan naskah, membuat visualisasi konsep, mengatur blocking pemain serta dasar-dasar akting sehingga dapat mengarahkan pemain. 

Post Production

Anda tentu sudah mengetahui bahwa penggarapan film memerlukan proses yang sangat panjang. Proses terakhir yaitu post production, selama proses ini video akan diedit dan disatukan menjadi sebuah film yang utuh. Untuk melakukan itu semua tentu harus menggunakan program khusus sehingga dapat memaksimalkan tampilan video.

IIDS international Design school

Anda yang sedang referensi kursus perfilman bisa bergabung dengan IDS international Design school. Di sini Anda akan diajari berbagai teori dasar oleh tenaga berpengalaman. Selain itu, Anda juga bisa melakukan praktek dengan menggunakan fasilitas yang sudah disediakan.

Kursus di IDS international Design school sangat menarik karena Anda akan diajarkan untuk membuat karya. Dengan demikian, Anda bisa menuangkan imajinasi dan kreativitas tersebut. Hal ini akan membuat Anda terbiasa ketika terjun ke dunia kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.