Pendidikan

Tips Sukses Kuliah Design Sambil Kerja

Inilah Kelebihan IDS Sebagai Sekolah Desainer di Jakarta Terbaik

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan impian semua orang yang baru saja lulus sekolah menengah. Namun sayangnya, tidak semua lulusan sekolah menengah berkesempatan untuk bisa langsung kuliah. Biaya biasanya menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang bekerja terlebih dahulu sebelum kuliah. Sebenarnya Anda bisa kuliah design sambil kerja secara bersama.

Hal terpenting saat kuliah sambil kerja adalah manajemen waktu yang baik sehingga keduanya bisa berjalan secara seimbang. Untuk Anda yang berniat kuliah di bidang desain sambil bekerja, berikut beberapa tips yang bisa diikuti:

Pilih Pekerjaan di Bidang Desain

Sekolah Desainer di Jakarta Terbaik Hanya di Ids

Bekerja ketika kuliah banyak dilakukan mahasiswa untuk membantu perekonomian mereka. Anda yang kuliah di bidang desain disarankan untuk memilih pekerjaan sesuai dengan jurusan tersebut. Meskipun gaji yang didapatkan mahasiswa biasanya belum sebanyak sarjana namun hal tersebut bisa dijadikan pengalaman yang akan menguntungkan Anda setelah lulus kuliah nanti. 

Fokus

Jadikan kuliah tetap sebagai prioritas Anda saat ini. Meskipun begitu bukan berarti Anda bisa mengabaikan pekerjaan begitu saja. Anda tetap harus fokus ketika menjalankan setiap aktivitas baik itu pekerjaan atau perkuliahan. Jangan mengerjakan pekerjaan kantor di kampus, begitu pula sebaliknya. Apabila pekerjaan dirasa mengganggu aktivitas kuliah maka Anda harus melepaskan pekerjaan tersebut. 

Pertimbangkan untuk Memilih Kelas Sore atau Akhir Pekan

Beberapa orang terkadang tidak bisa melepaskan pekerjaan karena gaji yang didapatkan digunakan untuk membayar biaya kuliah. Sebenarnya ada solusi terbaik untuk Anda yang memang ingin kuliah design sambil kerja yaitu dengan memilih kelas sore atau akhir pekan. Biasanya kelas-kelas tersebut tersedia untuk Anda yang memang kuliah sambil bekerja di siang hari.

Cari Pekerjaan Freelance

Selain mempertimbangkan kelas sore atau akhir pekan, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mencari pekerjaan freelance. Jurusan desain memang memiliki keunggulan karena banyaknya lowongan pekerjaan freelance. Bahkan tidak sedikit pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan secara remote atau dari jarak jauh. Dengan begitu, Anda bisa bekerja dari kos atau rumah saja.

Buat Daftar Pekerjaan Harian

Manajemen waktu merupakan hal paling penting ketika Anda kuliah sambil bekerja. Karena setiap waktu yang ada harus Anda manfaatkan dengan baik agar tidak ada yang keteteran di antara keduanya. Cara untuk manajemen waktu yang paling mudah yaitu dengan membuat daftar pekerjaan harian. Ikuti jadwal yang telah dibuat tersebut agar Anda tidak menunda-nunda pekerjaan.

Jaga Performa Kuliah dan Kerja

Mahasiswa yang kuliah sambil kerja dituntut untuk lebih kuat dibandingkan mahasiswa yang hanya kuliah saja. Anda tetap harus menjaga performa kuliah dan kerja agar tidak ada yang menurun. Minta bantuan teman kampus atau teman kantor apabila Anda kesulitan.

Istirahat yang Cukup

Tips terakhir dan yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah beristirahat dengan baik. Anda pasti memiliki kesibukan yang sangat tinggi ketika memutuskan untuk bekerja. Pasalnya waktu yang biasanya digunakan untuk beristirahat harus digunakan untuk mengerjakan pekerjaan kantor. Meskipun dalam keadaan sesibuk apapun, Anda harus memiliki waktu istirahat yang cukup. Karena jika jatuh sakit, maka baik itu perkuliahan maupun pekerjaan akan terganggu.

Itulah beberapa tips sukses untuk Anda yang ingin kuliah design sambil kerja. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini jika Anda melakukannya dengan tekun. Jangan lupa pilih institusi pendidikan yang membantu Anda berkembang ke arah yang lebih baik. IDS atau International Design School merupakan pilihan untuk Anda yang ingin kuliah sambil kerja. Ada banyak program yang tersedia, mulai dari program advance hingga kursus singkat. Selengkapnya tentang IDS bisa Anda lihat di idseducation.com.