Poin Penting Ketika Menghitung Estimasi Biaya Bangun Rumah

0
54
estimasi biaya bangun rumah

Anda yang ingin membangun rumah sendiri atau pernah membagun rumah pasti sering mendengar istilah RAB. RAB atau Rencana Anggaran Biaya perlu dilakukan untuk mengetahui estimasi biaya bangun rumah. Hal ini penting sekali agar pembangunan yang dilakukan tidak over budget atau melebihi budget.

Pasalnya, tanpa adanya RAB maka pembangunan tidak bisa terarah sehingga budget bisa membengkak. Dalam membuat RAB, ada beberapa poin penting yang harus dimasukkan. Langsung saja, berikut ini adalah poin-poin penting tersebut:

estimasi biaya bangun rumah
Estimasi biaya bangun rumah
  • Persiapkan Gambaran Kerja

Hal penting pertama yang perlu dilakukan ketika akan merancang RAB adalah mempersiapkan gambaran kerja. Hal ini berkaitan dengan bentuk rumah yang ingin dibangun serta berapa luas bangunan tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa semakin rumit dan luas bangunan maka membutuhkan budget yang semakin besar.

  • Hitung Volume Pekerjaan

Setelah mempersiapkan gambaran kerja, Anda juga perlu menghitung volume pekerjaan. Volume pekerjaan ini berkaitan dengan harga material dan juga upah pekerja. Cari tahu berapa harga material dan upah pekerja di daerah Anda. Sebaiknya berikan estimasi biaya lebih untuk berjaga-jaga apabila upah meningkat.

  • Hitung Jumlah Biaya Pekerjaan

Poin penting untuk mengetahui estimasi biaya bangun rumah selanjutnya adalah menghitung biaya pekerjaan. Agar mendapatkan jumlah biaya pekerjaan, Anda bisa mengalikan volume pekerjaan dengan harga satuan kerja.

  • Rekapitulasi

Poin terakhir yaitu melakukan rekapitulasi atau jumlah total dari masing-masing sub pekerjaan. Dari sini Anda bisa mendapatkan jumlah total berapa besar biaya bangun rumah yang harus disiapkan. Jangan lupa menyediakan biaya darurat untuk keadaan tak terduga.

Itulah beberapa poin penting yang ada dalam RAB untuk mengetahui estimasi biaya bangun rumah. Ketika membangun rumah, material sangat berpengaruh pada jumlah anggaran Anda. Oleh sebab itu, penting untuk Anda mencari material dengan harga terjangkau sehingga biaya bisa ditekan seminimal mungkin.

Meskipun begitu, Anda tetap tidak boleh melupakan kualitas dari material bangunan tersebut. Jadi cari dengan cermat dan teliti material bangunan terjangkau namun berkualitas. Untuk semen, Anda bisa memilih produk dari Semen Tiga Roda. Produk ini sudah memiliki standar SNI sehingga terbukti aman dan berkualitas. Anda bisa mendapatkan segala produk Semen Tiga Roda dengan mudah di toko-toko bangunan terdekat.