Kenali Jenis Bahan Bangunan Sebelum Mewujudkan Rumah Impian

0
227
jenis bahan bangunan

Memiliki rumah yang nyaman tentunya menjadi impian setiap orang. Meskipun sekarang ini banyak sekali penawaran yang mudah untuk memiliki hunian rumah, tidak sedikit yang memilih mewujudkan rumah impiannya sendiri.

Dengan membangun sendiri rumah yang anda idamkan, tentunya anda perlu untuk mempersiapkan segala hal seperti perencanaan biaya bangun rumah. Sebelum anda membuat perencanaan biaya tersebut, penting sekali mengetahui jenis bahan bangunan yang anda butuhkan.

Dengan begitu, anda dapat memperkirakan nominal biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah impian anda. Bahan bangunan atau material bangunan sangat banyak jenis dan ragamnya. Secara umum, bahan bangunan yang digunakan untuk peembangunan rumah seperti berikut ini.

  • Batu bata

Batu bata adalah bahan bangunan paling umum yang digunakan sebagai bahan penyusun dinding rumah. Batu bata sendiri terbuat dari bahan tanah liat yang dibentuk, dikeringkan, kemudian dibakar.  Sebagai bahan utama dalam pembuatan dinding, pemilihan bata bata perlu dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Harga batu bata berkisar antara Rp. 600 hingga Rp. 1.500 per biji tergantung jenis dan ukurannya.

D:\ARTIKEL INDO\JUNI\PROJECT SUSAN\Semen Tiga Roda - WEEK 3\Jenis Bahan Bangunan 4.png
  • Semen
jenis bahan bangunan
Jenis bahan bangunan

Selain batu bata, semen juga merupakan jenis bahan bangunan paling penting dalam pembangunan rumah. Semen memiliki fungsi sebagai perekat material bangunan lainnya seperti batu bata dan batu. Tanpa adanya semen, material bangunan tidak akan dapat menyatu. Dinding rumah anda tidak akan sempurna bila anda tidak memilih semen berkualitas. Harga semen umumnya Rp 60.000 dengan berat 50 kg.

  • Kayu 

Kayu memiliki fungsi sebagai penyangga rumah seperti tiang rumah, balok, kuda-kuda, pintu, jendela, kusen, dan lain sebagainya. Kayu membantu bentuk rumah berdiri kokoh. Harga kayu sangatlah beragam sesuai dengan jenis kayu yang dipilih. Dengan panjang 4m kayu memiliki harga mulai dari Rp 15.000 hingga Rp. 22.000.

Memilih jenis bahan bangunan yang digunakan haruslah berkualitas, seperti semen tiga roda. Semen tiga roda dilengkapi dengan master tech formula yang membantu bangunan kokoh terpercaya.

Semen tiga menghadirkan berbagai material bangunan berkualitas untuk menghasilkan bangunan yang awet dan tahan lama. Tidak hanya itu, semen tiga roda telah menjadi kepercayaan tukang bangunan dengan kualitas bangunan yang kokoh terpercaya.