Pengertian Teknologi Dalam Industri Agribisnis

0
25

Teknologi yang terus merambah ke berbagai bidang membuat banyak perubahan yang terjadi. Termasuk dalam bidang agribisnis yang tentu saja mampu memberikan manfaat lebih. Mulai dari segi waktu, tenaga hingga jumlah produksi yang pada akhirnya mampu memenuhi permintaan yang kian hari kian bertambah.

Dulu, para petani selalu menggunakan cara konvensional tanpa tersentuh oleh yang namanya teknologi. Namun, berkat perkembangan pengetahuan maka di sektor pertanian dan agribisnis terus mengalami perubahan. Bahkan, pengertian teknologi yang secara nyata terjadi dapat dilihat dari beberapa contoh dibawah ini seperti :

Adanya Pengolahan Susu Berkualitas Rendah yang Diubahkan ke Produk Olahan Bernilai Ekonomi

Saat ini, masyarakat sangat mudah menemukan aneka jenis susu yang langsung dikonsumsi tanpa harus khawatir dengan dampak buruk. Sebut saja susu bubuk, tahu susu, keju dan yoghurt yang merupakan hasil dari olahan produk susu berkualitas rendah. Cukup banyak teknologi yang diciptakan untuk mengolah susu berkualitas rendah ini menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi. Bahkan, berkat permintaan disertai teknik yang terus diperbaharui menghasilkan aroma susu murni sehingga meningkatkan minat masyarakat.

Adanya Pengolahan Pada Limbah Ternak menjadi Produk Bernilai Jual

Kita tahu, yang namanya limbah adalah hasil buangan yang memang tidak diperlukan lagi. Adapun jenis limbah ini ada dua yaitu padat dan cair dimana keduanya bisa memberikan nilai tinggi bila diolah dengan tepat. Selain itu, dengan menggunakan teknologi terbaru tentu saja akan menghasilkan limbah yang bermanfaat dibandingkan hanya dibuang saja. Sebut saja, kompos, biogas serta karya seni kulit telur adalah beberapa contoh yang sudah memanfaatkan dari pengertian teknologi di bidang agribisnis.

Menghasilkan Program Aeroponik

Padatnya penduduk khususnya di perkotaan membuat lahan pun semakin lama semakin sempit. Alhasil, kemungkinan untuk mendapatkan udara segar sangatlah minim. Untuk itulah, hadir teknologi yang disebut dengan Aeroponik. Adapun yang dimaksud dengan Aeroponik ini adalah teknik budidaya tanaman dengan menggunakan sistem pengkabutan. Biasanya, tanaman yang digunakan adalah stek mikro dan kultur jaringan. Adapun yang menjadi keuntungan dengan menggunakan teknik aeroponik adalah hasil bibit yang berkualitas serta mampu menghemat air. Dan tentu saja, mampu menghemat lahan juga.