3 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kuliah Di Broadcasting

0
109
kuliah jurusan broadcasting
kuliah jurusan broadcasting

Kuliah jurusan broadcasting sekarang buka lah hal yang asing lagi di telinga kita. Seiring perkembangan zaman yang semakin modern industri broadcast sangat menjanjikan untuk dipelajari dan dipilih sebagai jalur karir anak-anak muda zaman sekarang.  Tak heran jika banyak juga perusahan dan rumah produksi film yang semakin menjamur di masyarakat luas.

Bagi sebagian orang, film merupakan sebuah karya seni yang besar yang sangat menjanjijikan. Mereka saat ini berlomba-lomba masuk ke jurusan broadcast dan mulai mempelajari satu-persatu mata kuliah yang  berhubungan denganya. Namun. Jika anda tertarik pada jurusan ini, ada beberap hal yang perlu dipersiapkan sebelum terjun dan mendalami dunia broadcast.

Berikut adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika memutuskan untuk masuk kuliah jurusan broadcasting:

1. Mental

Siapkan mental yang tak akan lapuk kena panas dan tak akan karat kena hujan. Ya, pepatah itu saya rasa tidak berlebihan karena jika anda adalah orang yang tidak bisa siap menghadapi stress dan tekanan yang bertubi-tubi, maka anda perlu memikirkan sekali lagi untuk masuk jurusan ini. setiap hari anda akan disibukkan dengan tugas- tugas dan deadline.

kuliah jurusan broadcasting
kuliah jurusan broadcasting

Anda juga harus kuat ketika mendapat kritikan bahkan cacian dari para produser ketika telat mengumpulkan naskah, atau narasumber yang tiba-tiba saja membatalkan janji, tugas editing yang mendadak sebelum preview dan masih banyak hal lainnya yang akan menguji mental anda. Tetapi perlu anda ingat bahwa semua proses yang anda lalui saat kuluah di broadcasting ini adalah untuk mempersiapkan para profesional-profesional yang handal dan telah teruji mentalnya.

2. Belajar sistem 24 jam

Sekarang coba hitung berapa lama maksimal otak anda akan bisa terus bekerja, jika anda belum siap menjadi pemikir  dan pekerja yang keras maka sebaiknya anda pikirkan lagi untuk masuk jurusan ini.

kuliah jurusan broadcasting
kuliah jurusan broadcasting

Pekerjaan di dunia broadcasting tidak teratur seperti jam kerja di kantor karena jam kerja seorang broadcaster hampir 24 jam. Hal ini memungkinkan dapat menggangu jam makan dan jam tidur anda jika anda tidak pandai-pandai memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

3. Sosialisasi dan kemampuan kerja tim

kuliah jurusan broadcasting
kuliah jurusan broadcasting

Jika anda adalah tipe yang senang bekerja secara individu, maka kuliah jurusan broadcasting tidak mengenal kerja individu. Semua tugas dan proyek rata-rata adalah kerja tim. Kekompakan sangat di butuhkan karena tugas masing-masing sangatlah bergantung satu sama lain. selain itu bergaul dan bersosialisasi di masyarakat juga sangat penting dilakukan karena nanti kan terjun kemasyarakat langsung.