Dampak positif dari teknologi pertanian

0
121
teknologi

Pertanian di Indonesia merupakan salah satu contoh perkembangan hasil yang lebih besar dengan menjadi konsumen dalam memanfaatkan teknologi pertanian yang ada, sehingga bagi para petani sangat terbantu dengan adanya sebuah penemuan teknologi pertanian yang dapat meningkatkan hasil produksinya.

Oleh karena itu, dalam arus globalisasi dan perkembangan jaman yang semakin modern perlu kiranya setiap para petani menggunakan teknologi yang ada untuk dapat mengejar hasil yang sepadan dengan pengeluaran modal saat bertani.

Satu hal yang perlu di ingat untuk seluruh petani di Indonesia yaitu dalam memanfaatkan fungsi teknologi pertanian saat ini janganlah menjadikan sebuah dampak yang negatif untuk lingkungan dan alam sekitar, karena dengan berfikir seperti itu para petani di Indonesa akan memperhatikan keberlangsungan alam meskipun menggunakan teknologi yang berkembang untuk saat ini.

Peran serta dalam memanfaatkan fungsi dari teknologi pertanian adalah untuk meningkatkan produktifitas usaha tani yang dapat memberikan penekanan kemiskinan untuk selalu berkembang maju melali pertanian yang berbasis modern dengan teknologi bertani yang mutakhir.

Salah satu cara untuk memanfaatkan teknologi pertanian ini agar tidak terlalu besar berdampak negatif, para petani harus pintar menyeimbangkan penggunaan teknologi pertanian dalam rangka memperpanjang kelestarian sarana kehidupan berupa alam yang terjaga baik meskipun terjadi pemanfaatan lahan untuk pertanian.

Adapun para petani sangat di untungkan dengan adanya teknologi pertanian saat ini, maka dari itu ada 2 hal yang merupakan dampak positif dalam penggunaan tekhnologi pertanian untuk saat ini.

  • Mempersingkat pekerjaan lapangan bagi para petani

Dengan memanfaatkan teknologi pertanian berupa mesin untuk pengolahan lahan, petani menjadi lebih cepat mendapatkan hasil sesuai target waktu yang direncanakan.

  • Meningkatkan hasil produksi pertanian

Para petani yang menggunakan sarana atau perlengkapan untuk pertumbuhan tanaman dengan sebuah teknologi yang di tawarkan, maka akan semakin cepat dan bertambah dalam hal produksi pertanian yang dihasilkan.

Dengan demikian, teknologi pertanian merupakan suatu bukti perkembangan jaman yang serba modern dengan selalu menghindari dampak negatifnya dan melirik dari berbagai dampak positif yang di hasilkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here