5 Faktor Kunci Yang Harus Diperhatikan Untuk Menjaga Privasi Data Anda

0
126

Percaya atau tidak, sekarang ini sudah banyak orang yang kecanduan dengan smartphone dan terlalu tergantung padanya. Terlepas dari itu semua, maka Anda tentunya ingin melindungi privasi data ketika menggunakan berbagai aplikasi di ponsel kesayangan Anda.

Namun sayangnya, tidak ada perangkat yang memang benar-benar aman dan semua itu kembali lagi kepada pengguna. Tapi sudah ada beberapa pabrikan ponsel yang memang menawarkan smartphone dengan tingkat keamanan yang baik. Sebelum itu, ada beberapa faktor kunci yang Anda perhatikan untuk menjaga keamanan privasi data Anda.

  1. Biometrik
    Di zaman sekarang, kebanyakan smartphone sudah dilengkapi dengan sistem keamanan biometrik seperti menggunakan sensro pembaca sidik jari yang mampu lebih aman dipandingkan dengan PIN, pola dan password. Untuk itu, pastikan sekarang juga fitur ini Anda gunakan.
  2. Enkripsi
    Saat ini setiap smartphone menggunakan salah satu dari dua jenis enkripsi. Yang pertama yaitu berbasis file (FBE) dan Disk (FDE). Enkripsi yang berbasi file merupakan metode yang lebih efektif, karena kemungkinan besar file individual dikunci dengan kunci yang berbeda. Sementara itu untuk enkripsi disk, hanya menggunakan satu kunci saja untuk mengkunci seluruh partisi data yang ada di smartphone. Untuk kuncinya ada yang menggunakan 128-bit dan ada yang terbaru sekarang ini yaitu 256-bit.
  3. Mesin Enkripsi
    Beberapa smartphone menggunakan perangkat keras untuk menangani proses dari enkripsi. Ada juga yang melakukannya dengan perangkat lunak.
  4. Always-On VPN
    VPN atau Virtual Private Network memungkinkan smartphone Anda mengubah rute lalu lintas internet melalui server eksternal. Dan bahkan akan membiarkan Anda mengenkripsi semua lal lintas datanya. Kecuali pada perangkat Android, Anda dapat menyalurkan semua jenis pada lalu lintas internet melalui VPN.
  5. Factory Reset Otomatis
    Beberapa perangkat memiliki fitur yang satu ini. Ketika seseorang mencoba untuk memasukan PIN atau kasa sandi yang terlalu banyak. Hal ini sangat bagus ketika Anda kehilangan Smartphone. Setelah reset maka otomatis smartphone Anda akan terkunci dan tidak lagi bisa digunakan.

Itulah 5 faktor kunci smartphone yang harus di perhatikan untuk menjaga keamanan privasi data Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here