Perkembangan Bayi 6 Bulan Pertama

0
56
Tumbuh Kembang Anak
Tumbuh Kembang Anak

Pernahkah anda berikir mengenai perkembangan anak kita? Kita akan bangga dan merasa bahagia jika pertumbuhannya lebih cepat darioada anak sebayanya, namun terkadang kita akan sedih begitu mengetahui tumbuh kembang anak kita lebih lambat dari teman sebayanya. Anak adalah individu yang istimewa, setiap anak memiliki perkembangan yang relatif berbeda sehingga tidak bijak jika kita membandingkan tumbuh kembang anak dengan anak lainnya. Anak yang tumbuh dan berkembang lebih cepat dari satu sisi biasanya akan mengalami kelambatan pada sisi yang lain, hal tersebut amatlah wajar mengingat tumbuh dan kembang anak retaif berbeda.

Meskipun tumbuh kembang anak berbeda setiap individunya, namun kita memiliki rentang yang menjadi gambaran umum untuk perkembangan anak berdasarkan usianya.

Tumbuh Kembang AnakBerikut adalah perkembangan anak berdasarkan beberapa rentang usia bayi hingga enam bulan :

  • 0-3 bulan : Pada rentang usia ini seorang anak hanya dapat berkomunikasi melalaui satu bahasa yaitu tangisan, jika ada yang terasa tidak nyaman pada dirinya ia akan menangis. Pada akhir bulam pertama lambat laun seluruh indranya akan berkembang mulai dari mata yang dapat berkedip dan tangan yang mulai mengepal. Pada akhir bulan ke tiga anak mulai beljar mengangkat kepalanya ke atas serta mulai menggerakan tubuhnya untuk belajar tengkurap.
  • 4-6 bulan : Pada rentang usia ini kemapuan verbal anak mulai berkembang, ia mulai  mengeluarkan celotehan yang terdiri dari satu  kata seperti ehe,ak-khe,danmberr. Pada rentang usia ini anak mulai dapat berkomunikasi dengan orang disekitarnya sebagai bentuk respon ia akan tertawa dengan nyaring jika diajak berbicara dan menunjukkan perhatian pada orang yang dikenalnya. Pada rentang usia ini pula anak mulai senang memegangi kedua kaiknya, otot lehernya pun sudah kuat menyangga kepala, sehingga kepalanya dapat ditegakkan ketika tengkurap, sedangkan tangan mulai dapat menggenggam sesuatu, serta mulai mengangkat badan depan dengan kedua lengannya.

Jika tumbuh kembang anak Anda terlamat jauh dari gambaran umum di atas maka perlu waspada. Namun tidak perlu terlalu khawatir juga karena memang pada usai di bawah enam bulam perkembangan anak sangat beragam tingkat capaiannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here