Karier Alumnus Teknologi Pangan

0
73

Teknologi PanganSelain pangan, papan, dan sandang, pekerjaan atau karier adalah kebutuhan pokok yang harus dimiliki. Pekerjaan di sini bermakna sebuah keahlian atau jasa yang bisa dijual sehingga menghasilan uang. Untuk saat ini, kebutuhan-kebutuhan manusia baik kebutuhan primer, skunder, maupun tersier tidak akan terpenuhi apabila tidak mempunyai  uang sebagai alat tukarnya.

Karier bisa dipilih masing-masing orang. Misalnya saja ada yang lebih memilih menjadi nvestor (penanam modal), owner (pemilik),professional (pekerjaan yang membutuhkan keahlian yang didapatkan dari hasil belajar bukan pengalaman), dan worker (pekerja). Pilihan kategori pekerjaan tersebut bisa dimasuki oleh para lulusan dari program studi teknologi pangan.

Teknologi pangan adalah salah satu program studi yang lulusannya banyak dibutuhkan di dunia industry yang memproduksi bahan pangan. Kalau dilihat dari kuantitas perusahaan-perusahaan yang memprodksi bahan pangan pasti jumlahnya paling banyak. Hal itu sangat wajar terjadi karena pangan sebagai kebutuhan primer makhluk hidup, khususnya manusia harus dipenuhi setiap hari, apalagi dengan jumlah penduduk yang semakin meningkat. Dengan demikian, bisa diambil simpulan bahwa lulusan dari program studi ini lebih banyak dibutuhkan.

Adapun karier dari program studi teknologi pangan ini dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu quality assurance dan product development. Quality assurance yang berarti pengendali mutu. Pada bagian ini, biasanya para lulusan program studi ini mengawali kariernya, karena kebanyakan para fresh graduate menempati posisi ini untuk awal kariernya.

Pekerjaan di bagian ini adalah memastikan produk yang dihasilkan sudah melalui proses hiegenis pada proses pengolahan, pengemasan, sampai pada pengirimannya. Sementara bagian product development atau yang berate pengembangan product. Pada posisi ini dinilai lebih elite dibanding posisi quality assurance. Hal ini dikarenakan posisi ini tidak dimasuki sembarang orang karena berhubungan dengan resep perusahan. Perusahaan akan berhati-hati memilih orang yang tepat untuk posisi ini.

Bekerja di posisi ini cuukp strategis karena sering berhubungan dengan para pemimipin puncak di sebuah perusahaan. Karier tertingginya yaitu direktur teknik. Jadi, jika Anda sedang memperdalam ilmu di program studi ini peluang pekerjaan Anda sangat strategis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here