Cara Membuat Kerajinan Batok Kelapa Yang Bernilai Jual Tinggi

0
216
Cara Membuat Kerajinan Batok Kelapa Yang Bernilai Jual Tinggi
Cara Membuat Kerajinan Batok Kelapa Yang Bernilai Jual Tinggi

Pohon kelapa merupakan jenis pohon yang memiliki banyak manfaat, sebagaimana pernah dipelajari dalam Kepramukaan, organisasi ini memilih kelapa sebagai simbolnya karena pada pohon kelapa semua bagiannya dapat dimanfaatkan. Begitupun dengan bagian batok kelapa, meskipun saat ini masih banyak orang yang belum bisa memanfaatkan bagian batok kelapa karena memang menurut sebagian orang batok kelapa ini sulit diolah, namun dengan kreatifitas anda bisa memanfaatkan sampah batok kelapa menjadi barang yang memiliki nilai jual tinggi. Kerajinan batok kelapa memiliki nilai seni yang tinggi dan banyak digemari para pecinta seni.

Saat ini kerajinan batok kelapa banyak kita jumpai berupa benda pakai dan aksesoris, seperti perabotan rumah tangga seperti sendok, tempat minum, gayung air, asbak rokok, piring, gantungan kunci, souvenir pernikahan, celengan, pin, tempat lampu, kalung, bingkai foto, miniatur kendaraan, ukiran, dan masih banyak lagi jenis kerajinan yang dapat dibuat dari batok kelapa. Bagi anda yang ingin mempelajari cara membuat kerajinan dari batok kelapa, berikut langkah-langkah pembuatannya secara sederhana.

  1. Pemilihan batok kelapa

Untuk hasil terbaik, anda harus memilih batok kelapa yang sudah benar-benar tua dan kering. Batok kelapa yang tua ini memiliki ciri-ciri bagian potongannya memiliki warna agak kehitaman.

2. Siapkan alat yang diperlukan

Setelah anda menyiapkan kelapa yang sesuai, siapkan beberapa alat yang akan anda perlukan untuk mengolah kelapa diantaranya gergaji, pisau, pecahan kaca yang tajam, lem kayu, amplas halus dan kasar, daun pisang kering, cat pernis, dan lain-lain.

3. Agar batok kelapa dapat diolah menjadi kerajinan, langkah pertama adalah bersihkan serabut kasar yang terdapat pada permukaan batok kelapa dengan menggunakan pecahan kaca atau pisau dengan hati-hati.

Berikutnya adalah bersihkan sisa serabut halus di permukaan batok kelapa menggunakan amplas kasar, lalu gunakan amplas halus untuk menghaluskan keseluruhan permukaan batok. Untuk membuat permukaan batok menjadi mengkilat, anda bisa menggosok permukaan batok kelapa menggunakan daun kering secara merata berulang-ulang hingga tampak mengkilat. Sempurnakan dengan menggunakan cat pernis, selanjutnya adalah potong-potong batok sesuai dengan pola kerajinan yang akan anda buat, gunakan gergaji besi untuk memudahkan anda memotongnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here