Tips Mudah Mengajukan Kredit KPR dengan Cepat

0
75
Tips Mudah Mengajukan Kredit KPR dengan Cepat

Merencanakan keuangan dengan baik bisa dimulai dengan melakukan perencanaan pembelian aset tertentu secara matang. Bahkan mengajukan kredit KPR masuk ke dalam salah satunya, sehingga layak dipertimbangkan untuk memiliki kondisi keuangan yang baik. Mengapa demikian? Alasan pertama ialah mampu mendayagunakan keuangan yang didapatkan untuk keperluan tabungan, yakni tabungan berupa rumah. Alasan kedua mampu memiliki rumah sendiri namun tetap dengan beban biaya yang lebih ringan lewat sistem kredit.

Seseorang yang mulai memikirkan perencanaan keuangan sejak dini memiliki peluang mendapatkan kondisi finansial yang mapan lebih besar. Mapan disini tidak harus memiliki jabatan tinggi dengan gaji besar, namun lebih kepada kemampuan memenuhi segala kebutuhan. Kebutuhan disini adalah kebutuhan jangka panjang semisal membeli rumah, mampu membayar asuransi kesehatan keluarga, membayar asuransi pendidikan anak, dan perencanaan keuangan lainnya.

Tips Mudah Mengajukan Kredit KPR dengan Cepat

Tips agar mudah mendapatkan KPR yang diinginkan

Meskipun saat ini ada banyak developer yang memberikan fasilitas bagi pelanggan mendapatkan rumah impian. Namun tetap saja yang namanya transaksi kredit ada tata caranya, ada prosedurnya yang harus ditaati dan dipenuhi sebagaimana mestinya. Berikut adalah tips yang bisa dicoba:

  1. Memilih developer yang tepat

Membeli rumah secara kredit terkadang membuat Kita mendapatkan rumah yang masih dalam tahap renovasi atau memang sudah siap huni. Apapun kondisi rumah yang akan Kita terima sebaiknya melihat reputasi perusahaan yang membuatnya. Tidak sedikit developer properti yang terkenal membuat properti dengan material kurang berkualitas. Supaya kredit yang diajukan memuaskan maka ada baiknya melihat kualitas developer selama ini.

  1. Melihat besarnya uang muka yang diperlukan

Ketika sudah mendapatkan developer yang tepat maka langkah selanjutnya memilih developer mana yang memberikan proses kredit yang mudah. Termasuk dalam menentukan besarnya uang muka yang diperlukan sebagai langkah persiapan. Menyiapkan dana uang muka memang bisa hanya beberapa juta saja namun semakin sedikit uang muka besar angsuran kredit akan besar. Perhatikan besarnya gaji untuk memperhitungkan seberapa besar kemampuan angsuran yang sesuai. Jika perlu sediakan uang muka yang lumayan minimal 20% dari harga rumah tersebut.

  1. Mengetahui persyaratan administrasi

Jangan lupa bahwa orang yang mengajukan kredit KPR akan sangat banyak dengan beragam jumlah uang muka dan type rumah yang diinginkan. Lembaga pembiayaan umumnya akan melakukan seleksi untuk menentukan konsumen kredit mana yang layak dibantu mendapatkan rumah. Penting sekali untuk mencari tahu persyaratan apa saja yang harus disediakan untuk kemudahan proses pengajuan ke tahap selanjutnya. Dokumen yang terlambat dilengkapi atau bahkan memang tidak pernah dilengkapi akan menyulitkan langkah melakukan pembelian rumah impian.

  1. Konsultasi jumlah angsuran yang dibebankan

Seorang pembeli rumah secara kredit akan menyediakan uang muka, besarnya uang muka tentunya berbeda tiap orang. Perbedaan ini akan mempengaruhi besarnya nominal angsuran tiap bulannya seberapa. Konsultasikan dahulu dengan pihak lembaga pembiayaan yang bekerjasama dengan developer untuk mengetahui kisaran angsuran yang akan dibebankan. Tidak ada salahnya melakukan konsultasi via telepon dengan menyebutkan besaran uang muka yang bisa disediakan. Apabila angsuran per bulan mudah dijangkau maka tidak ada salahnya untuk mengajukan proses kredit ini.

Persiapkan dengan baik segala kebutuhan untuk memiliki rumah, sebab rumah tersebut untuk Anda tinggali dalam jangka panjang. Kenyamanan selama tinggal dan selama melakukan angsuran sangat menentukan kenyamanan hidup. Ajukan kredit dengan menyesuaikan tata aturan yang diberlakukan untuk lebih mudah mendapatkan persetujuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here