Kenapa Nilai Mata Uang Kurs Setiap Negara Berbeda

Jika anda melihat daftar kurs mata uang baik itu di televisi, internet atau media lokal maka akan terlihat jelas beberapa nama mata uang rupiah, dollar hingga Euro. Begitu juga anda akan bisa melihat perbedaan nilai tukar antar uang dengan mata uang lainnya atau biasa disebut mata uang.

Secara fakta mata uang serta nilai tukar nya di setiap negara berbeda-beda. Perbedaan inilah yang nantinya terjadi pertukaran yang bisa memberikan keuntungan bagi mereka yang bergerak di bidang jual beli mata uang asing. Adapun penyebab perbedaan dari nilai tukar mata uang biasanya terjadi tingkat inflasi di negara tersebut. 

kurs
kurs

Bagi negara yang memiliki tingkat inflasi cukup rendah secara konsisten maka daya beli uangnya akan semakin kuat. Sebaliknya jika mata uang negara lain inflasi nya begitu tinggi maka akan lebih mahal. Kemudian penyebab yang kedua adalah perbedaan tingkat suku bunga di masing-masing negara.

Perlu ketahui bahwa kurs dan suku bunga, inflasi itu memiliki hubungan yang cukup erat. Setiap perubahan tingkat suku bunga bank sentral di suatu negara akan mempengaruhi inflasi serta nilai mata uang. Artinya suku bunga yang tinggi bisa menyebabkan permintaan mata uang negara semakin meningkat.

Para investor baik itu luar negeri maupun domestik pasti lebih tertarik karena menawarkan keuntungan yang cukup besar. Sebaliknya jika inflasi tinggi tentu saja investor akan keluar sehingga secara otomatis bank sentral akan menaikkan suku bunga. Kondisi inilah yang akan membuat nilai tukar mata uang menjadi lemah.

Penyebab lainnya adalah hutang publik dimana anggaran dari suatu negara dalam membiayai proyek untuk keperluan pemerintah maupun masyarakat. Jika ternyata anggaran defisit maka hutang publik akan besar yang akan membuat kurs juga meningkat.  Utang publik yang tinggi jelas akan memperoleh  nilai tukar mata uang tersebut.

Bagi anda yang berkecimpung dalam bisnis jual beli mata uang asing maka sebaiknya perlu mendalami secara rinci tentang kurs ini. Ada sumber yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam mendapatkan keterangan yang cukup jelas tanpa ribet dan mudah. Cukup dengan mendownload aplikasi jenius yang sekarang ini sudah menyediakan fitur saldo dengan mata uang asing dari tujuh negara.