Nutrisi dan Generasi Cerdas 

Anak  adalah karunia Tuhan yang ditunggu dalam setiap pernikahan. Memiliki anak sehat dan cerdas tentu menjadi dambaan. Perkembangan otak anak dimulai sejak didalam kandungan. Memberikan nutrisi yang tepat menjadi kewajiban orang tua.

Kecerdasan bukan hanya karena faktor turunan, nutrisi  dan rangsangan lingkungan memberikan pengaruh yang besar. Usia emas perkembangan otak anak mulai nol sampai lima tahun. Pada usia ini saraf otak terus terbentuk dan saling tersambung. Sambungan inilah yang menentukan kecerdasan anak.

Berikut zat nutrisi yang diperlukan untuk kecerdasan.

  1. Kolin

Kolin suatu zat yang berasal dari vitamin B3 kompleks. Kebutuhan Kolin untuk membentuk otak sejak dari dalam kandungan akan terus meningkat seiring pertambahan usia. Tubuh sangat sedikit membentuk Kolin, oleh karenanya asupan makanan yang mengandung Kolin menjadi sangat penting. Kolin bisa didapatkan dari kuning telur, daging merah, ikan, brokoli dan kacang-kacangan.

  1. Lemak DHA

DHA berfungsi membentuk struktur otak. DHA bisa didapatkan dari bahan makanan seperti telur, daging, ikan salmon, tuna dan sarden. Kacang-kacangan dan alpukat juga mengandung DHA.

  1. Zat Besi

Zat besi dibutuhkan untuk membentuk sel-sel saraf otak sejak dalam kandungan. Zat besi banyak terdapat pada hati, telur, daging, ikan, ayam, dan bayam.

  1. Asam Folat

Asam Folat berperan dalam pembentukan otak sejak awal kehidupan. Kekurangan asam folat membuat perkembangan otak tidak sempurna yang bisa berakibat gangguan pertumbuhan lainnya. Asam folat ada dalam zat makanan hati, sayuran hijau, kacang-kacangan, buah jeruk dan alpukat.

  1. Yodium

Yodium zat mineral yang membantu pembentukan hormon tiroid oleh kelenjar tiroid. Hormon tiroid sangat dibutuhkan untuk perkembangan sel saraf dan otak. Yodium bisa didapatkan dalam udang, lobster, tuna, minyak ikan cod, telur dan daging.

  1. Protein

Protein diperlukan bukan hanya untuk perkembangan otak anak, tapi juga untuk tumbuh kembang tubuh. Protein banyak didapatkan pada daging, telur, ikan, tahu, tempe dan kacang-kacangan.

  1. Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk perkembangan otak dan tulang. Sumber vitamin D ada dalam ikan, susu dengan bantuan paparan sinar UV.

Ayah Bunda yuk, siapkan Kecerdasan anak dengan nutrisi yang tepat. Demi masa depannya.