Cara Bijak Penggunaan Gadget Pada Anak-Anak

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini penggunaan gadget sudah menjadi suatu kebutuhan bagi setiap orang. Bagaimana tidak, selain digunakan untuk berkomunikasi, kini gadget menawarkan sejuta kemudahan bagi para penggunanya, yaitu untuk urusan pekerjaan, maupun untuk hiburan semata.

Namun disamping banyaknya dampak positif yang bisa kita peroleh, terkadang kita juga sering menyepelekan dampak negatif dari alat ini terutama pada anak-anak. Untuk itu bagaimana cara menggunakan gadget yang bijak terutama untuk anak-anak? diantaranya:

  • Menetapkan area penggunaan gadget

Menentukan area penggunaan gadget untuk anak-anak sangatlah diperlukan terutama jika berada di dalam rumah. Ruang keluarga merupakan salah satu pilihan tempat yang tepat agar orang tua atau ada orang dewasa yang mengawasi kegiatan anak saat menggunakan gadget. Dengan begitu orang tua dapat mengetahui apa saja yang mereka lakukan dengan gadgetnya.

  • Membatasi waktu penggunaan

Waktu penggunaan gadget yang tepat terutama untuk anak-anak yang masih sedang proses belajar adalah maksimal 2 jam sehari. Dalam hal ini orang tua perlu menekankan kepada anak-anak tentang ini sebelum menyerahkan gadget. Hal ini bertujuan agar proses tumbuh kembang anak tidak terganggu. Penggunaan gadget yang terlalu lama dapat menyebabkan anak ketergantungan dan malas melakukan aktivitas fisik dan interaksi sosial.

  • Tidak memberikan gadget secara pribadi

Sangatlah tidak bijaksana jika kita sebagai orang tua langsung memberikan tanggungjawab yang penuh terhadap anak-anak untuk memiliki gadget. Orang tua perlu menekankan bahwa gadget yang mereka gunakan hanya meminjam bukan untuk memilikinya dengan konsekuensi sewaktu-waktu kita dapat mengambil alat itu kembali.

  • Mendahulukan kewajiban

Orang tua juga perlu memberitahu bahwa mereka harus mendahulukan kewajibannya terlebih dahulu sebelum menggunakan gadget. Seperti belajar, makan, mandi dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan untuk mengajarkan mereka kedisiplinan dan agar tidak membuat gadget menjadi dunianya sehingga mengabaikan kewajibannya.

Itulah beberapa cara bijak penggunaan gadget pada anak-anak. Dengan memahami cara menggunakan gadget yang baik, kita dapat memperoleh dampak positif dari alat tersebut.