Berita Timur Tengah Terkini Menjalin Kerjasama Iran-Suriah

Tahun ini sampai hari ini peperangan di Suriah telah menjadi sorotan dunia internasional dan masuk dalam Berita Timur Tengah Terkini. Konflik yang semakin memanas menjadikan Suriah menjadi Negara internasional yang banyak dibela oleh para sekutunya. Salah konflik Suriah dengan Negara Barat mendapat perhatian dan dukungan khusus dari Negara-negara internasional sampai PBB. Perang saudara di Suriah selama 7 tahun, Suriah mengalami kerusakan parah dan memakan banyak korban dari warga sipil. Saat ini Suriah sedang dalam proses masa rekonstruksi dan membangun kembali pertahanan militer. Berita selengkapnya tentang berita nasional maupun internasional dari berbagai sumber terlengkap dan terpercaya dapat diakses di matamatapolitik.com.

Berita Timur Tengah Terkini
Berita Timur Tengah Terkini

Berita Timur Tengah Terkini dari Suriah yang menjalin kerja sama dengan Iran untuk mengatasi masa pemulihan. Dalam masa rekonstruksi ini Suriah telah mendapat bantuan dari beberapa Negara tetangga. Salah satu Negara Timur, yaitu Rusia juga mendesak Amerika Serikat untuk ikut serta dalam kerja sama masa pemulihan Suriah. Selain itu Iran dan Suriah menjalin kerja sama dalam masa rekonstruksi dan bekerja sama dalam bidang militer. Kerja sama Iran dan Suriah ditanda tangani pada hari Senin 27 Agustus 2018 di Damaskus dan disaksikan oleh Presiden Bashar al-Assad.

Amir Hatami yaitu yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan Iran telah melakukan kunjungan ke Damaskus pada tanggal 26 Agustus 2018 pada hari Minggu lalu, dengan tujuan yaitu untuk melakukan kunjungan selama dua hari, yang pertama bertemu dengan Presiden Assad selanjutnya bertemu dengan pejabat militer senior di Damaskus. Hatami menyatakan kepada kamtor berita Tasnim bahwa saat ini Suriah telah melewati masa krisis, akan tetapi sudah mulai memasuki masa pemulihan. Hatami juga menyatakan bahwa dalam perjanjian pertahanan yang sedang disepakati antara Iran dengan Suriah ada poin yaitu Iran tetap melanjutkan keberadaan serta partisipasi di Suriah. Selain perwakilan dari Iran, Assad mengundang Rusia yang dijawab dengan respon pengiriman pasukan sebanyak 63.000.

Dengan bantuan yang diperoleh ini membuat Assad kembali menekan pemberontak. Akibat bantuan kerja sama dari Iran berdampak pada reaksi Amerika Serikat. Amerika Serikat meminta Teheran pergi dari Suriah. John Bolton yaitu Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah bertemu Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Helsinki, Finlandia pada Juli lalu. Pertemuan tersebut Bolton menyatakan bahwa terkait isu keterlibatan Iran di Suriah. Berita Timur Tengah Terkini lebih lengkap dari berbagai media dapat diakses pada matamatapolitik.com.