Pendidikan

Program Asrama SMA Boarding School Terbaik

Dari beberapa jenis sekolah lanjutan atas yang ada di Indonesia, sekolah berasrama atau sering kita kenal dengan nama boarding school adalah salah satu jenis sekolah yang bisa anda pilih untuk melanjutkan jenjang sekolah anda di tingkat yang lebih tinggi setelah SLTP. Sekolah berasrama ini menyelenggarakan program pendidikan dengan menggunakan sistem dan pola pembelajaran modern yang berbasis nilai – nilai luhur yang terkandung dalam ajaran agama Islam. Oleh sebab itu, lulusan dari SMA boarding school terbaik tersebut nantinya akan memiliki tingkat intelektual dan integritas moral yang sama – sama tinggi. Salah satu sekolah yang menerapkan sistem pendidikan seperti tersebut di atas adalah SMA Dwiwarna.

Salah satu SMA boarding school terbaik adalah SMA Dwiwarna yang merupakan sekolah berasrama yang menyediakan sistem dan pola pendidikan berkualitas dan sarat dengan nuansa Islami sehingga para siswa akan memperoleh pendidikan formal sebagaimana siswa SMA pada umumnya, dan juga mereka akan memperoleh pendidikan islam yang sarat dengan pendidikan akhlak dan integritas moral yang sangat terpuji. Cukup banyak sekali program-program pendidikan yang digelar oleh SMA Dwiwarna sebagai Islamic Boarding School terbaik di Indonesia. Adapun program tersebut adalah program asrama.

SMA Boarding School Terbaik
SMA Boarding School Terbaik

Beberapa hal yang berkaitan dengan program tersebut adalah sebagaimana berikut:

1. Program Bimbingan Kepribadian dan Kepemimpinan

Program dilakukan secara praktis dalam berbagai kegiatan sehari-hari siswa. Siswa diarahkan untuk mengatur diri sendiri secara disiplin dalam setiap kegiatan, baik di kelas, asrama, maupun dalam pergaulan. Siswa akan mendapatkan bimbingan dalam mengatur kedisiplinan menggunakan waktu dan memiliki sikap kepemimpinan lewat tugas dan tanggung jawab yang diberikan.

2. Program Pembinaan Sikap, Keterampilan, dan Wawasan yang Dilengkapi Praktik Islamiyah

Program dilakukan dengan mengembangkan karakter siswa, terutama dalam kehidupan sosial dan pembentukan kebiasaan positif. Seluruh siswa melaksanakan shalat berjamaah secara rutin. Siswa diajarkan, dilatih, dan dibimbing untuk baca tulis Al Quran, ibadah praktik, dan berdzikir. Terdapat kegiatan agama setelah Subuh dan Magrib di masjid dengan materi dan silabus yang dirancang sesuai dengan kebutuhan siswa dalam bentuk kultum, pemutaran film bernuansa agama, diskusi agama, atau lainnya.

3. Program Pengembangan Keterampilan dan Kemampuan Berbahasa Inggris

Program yang dilakukan oleh SMA boarding school terbaik Dwiwarna ini dilakukan melalui pembekalan dan pembiasaan praktik dengan target kemampuan berbahasa Inggris sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dicapai dengan English Hours setiap pagi hari, dalam bentuk diskusi, presentasi, talk show, dan games. Siswa diharuskan menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi selama jam-jam tertentu di asrama.