kesehatan

Manfaat Vitamin A Untuk Kesehatan Tubuh

Setiap manusia pastinya membutuhkan asupan vitamin dan gizi untuk memperoleh tubuh yang sehat. Diantaranya ada vitamin A yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya vitamin A kesehatan mata. Vitamin yang satu ini bisa kita dapatkan pada beberapa jenis sayuran seperti wortel, buncis, selada, kacang-kacangan dan masih banyak lagi.

Berikut ini ada beberapa manfaat vitamin A untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

  1. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A memang sangat berperan penting dalam menjaga, melindungi dan meningkatkan kualitas organ mata dalam penglihatan. Bahkan sebuah penelitian membuktikan bahwa penyebab utama kebutaan seseorang diakibatkan karena kurangnya asupan vitamian A sejak mereka masih anak-anak. Oleh karena itu asupan vitamin A memang sangat penting untuk penglihatan mata agar dapat menyesuaikan diri dengan perubahan cahaya juga menjaga kelembaban mata.

2. Sebagai antioksidan

Vitamin A juga mengandung antioksidan alami yang dapat membantu dan melindungi struktur sel dari serangan radikal bebas. Vitamin A ini juga bekerja sebagai antioksidan yang dapat merusak rantai akibat reaksi dari radikal bebas.

3. Mencegah kanker

Vitamian A juga dapat mencegah tubuh terserang penyakit kanker. Terutama bagi mereka yang sering melakukan aktivitas di bawah matahari. Hal ini tentunya sangat rentan terkena resiko kanker kulit. Untuk mencegahnya anda bisa mengoleskan minyak yang mengandung vitamin A. Jika hal ini dilakukan secara rutin dapat menyembuhkan berbagai masalah kulit seperti psoriasis, eksim dan lain sebagainya.

4. Melancarkan fungsi reproduksi pria

Manfaat vitamin A yang lain juga dapat meningkatkan pembentukan sperma yang baik. Vitamin yang satu ini dapat menjaga dan  menyusun kadar kekentalan dan kesuburan sperma selalu dalam kondisi baik. Untuk itu, jika anda sedang melakukan program hamil, maka disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan  yang mengandung vitamin A untuk memperoleh sperma yang berkualitas.

Itulah beberapa manfaat vitamin A untuk kesehatan tubuh. Ternyata tidak hanya vitamin A kesehatan mata saja, ada manfaat lain yang bisa kita peroleh dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A.