gadget

4 Tips Menjaga Daya Tahan Baterai Smartphone Saat Bermain Game

Saat anda memiliki hobi bermain game pada smartphone,  sudah seharusnya anda memiliki kecerdasan untuk merawat baterai smartphone anda. Hal ini tidak lain agar baterai smartphone anda bisa awet dan tidak mudah rusak.

tips menjaga daya tahan baterai smartphone
tips menjaga daya tahan baterai smartphone

Berikut tips menjaga daya tahan baterai smartphone agar bermain game anda bisa dilakukan dengan nyaman dan aman:

  1. Mengatur Grafis dan Animasi. Setiap game sejatinya memiliki pengeturan mengenai grafis atau animasi. Agar bisa menghemat baterai, pastikanlah untuk mengatur grafis game seminimal mungkin. Hal ini agar penggunaan baterai menjadi lebih hemat. Selain itu, pengaturan grafis ini pun bisa diatur di pengaturan smartphone.
  2. Mengatur Pencerahan Layar. Pencahayaan atau tingkat kecerahan merupakan salah satu faktor yang signifikan untuk daya tahan baterai smartphone. Pencahayaan yang cerah menyebabkan baterai smartphone akan sangat mudah berkurang. Terlebih lagi, smartphone anda sedang menjalankan game, pencahayaan akan sangat berpengaruh karena saat menggunakan game, membutuhkan pencahayaan yang besar. Untuk itu, anda memerlukan langkah penghematan dengan mengurangi tingkat pencahayaan smartphone. Dengan cara ini, daya tahan baterai smartphone bisa dibuat sehemat mungkin.
  3. Mematikan Aplikasi Yang Lain. Saat smartphone anda sedang menjalankan game, sudah seharusnya anda menghentikan atau mematikan aplikasi lain yang terkoneksi. Hal ini sejatinya sangat signifikan dalam menghemat daya pada baterai. Aplikasi lain seperti google map, medsos, aplikasi cuaca dan masih banyak lagi, bisa dihentikan sementara. Apabila beberapa aplikasi ini dijalankan secara bersamaan, baterai smartphone akan sangat mudah berkurang.
  4. Mengatur Beberapa Mode. Saat menjalankan game pada smartphone, disarankan untuk mengatur beberapa mode yang bisa menghemat baterai, dari mulai mematikan WIFI apabila tidak digunakan, mematikan Bluetooth, mengatur ke Mode Hemat dan lain sebagainya. Beberapa mode ini apabila diatur sebaik mungkin bisa membuat baterai jauh lebih hemat.

Saat bermain game pada smartphone sudah seharusnya anda memperhatikan kualitas baterai. Keempat tips menjaga daya tahan baterai smartphone diatas merupakan cara agar daya tahan baterai bisa awet dan tidak mudah rusak.