4 Cara Memastikan Keaslian Liontin Berlian

Bukan menjadi suatu rahasia umum lagi bahwa untuk mendukung penampilan seorang wanita, maka penggunaan perhiasan menjadi wajib untuk dikenakan. Dan tentunya ada banyak sekali jenis perhiasan yang bisa digunakan oleh wanita agar terlihat semakin cantik, seperti misalnya cincin, kalung, dan juga liontin berlian dari Mondial Jeweler. 

Untuk jenis kalung dan cincin tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan jenis perhiasan tersebut. Namun khusus untuk poin liontin, nyatanya masih banyak orang yang awam mengenai jenis perhiasan yang satu ini. Apalagi untuk membedakan liontin berlian asli dan yang palsu, kerap kali masih banyak orang yang tidak tahu akan hal ini. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara membedakan liontin berlian asli dan liontin berlian yang palsu. Dan berikut adalah ulasannya :  

liontin berlian
liontin berlian
  1. Melihat bayangan yang dihasilkan

Untuk cara mengetahui keaslian dari liontin yang terbuat dari bahan berlian, bisa anda coba dengan melihat bayangan yang dihasilkan dari liontinnya itu sendiri. Caranya, coba lihat dengan seksama pada permukaan atas pada liontinnya, jika terlihat pantulan menghasilkan warna pelangi maka untuk keaslian berlian patut anda pertanyakan kepada si penjual. Karena sejatinya liontin yang terbuat dari bahan berlian ini, hanya memiliki pantulan bayangan yang berwarna abu-abu, atau juga ada yang berwarna putih.  

  1. Menghembuskan nafas ke arah liontin

Cara selanjutnya untuk mengetahui keaslian dari liontin yang terbuat dari bahan berlian, bisa digunakan dengan cara metode embun. Caranya, cukup hembuskan nafas anda ke permukaan liontin, lalu lihat efek embun yang dihasilkan. Nah apabila dihasilkan embun yang bertahan cukup lama pada permukaan liontinnya, maka untuk keasliannya sangat meragukan. Karena pada dasarnya liontin dari bahan berlian asli, memiliki sifat yang bisa menghilangkan embun dengan cepat.  

  1. Melihat dengan detail menggunakan kaca pembesar khusus

Untuk mengecek keaslian dari liontin yang terbuat dari bahan berlian, juga sejatinya juga bisa dengan menggunakan cara melihat lebih detail tekstur dari liontin, menggunakan kaca pembesar khusus. Dan kaca pembesar khusus untuk mengecek keaslian liontin yang terbuat dari berlian ini disebut sebagai loupe. Tidak usah bingung untuk mendapatkan loupe ini, karena kini banyak sekali online store maupun offline store, yang menjual kaca pembesar khusus berlian ini. Jadinya anda bisa dengan mudah untuk melakukan tes keaslian liontin yang terbuat dari bahan berlian, menggunakan loupe ini dimanapun anda sedang berada. Sementara untuk cara mengetes keaslian liontinnya menggunakan loupe ini, bisa dilakukan dengan cara melihat ujung atau tepian pada berlian itu sendiri. Bila terlihat ujungnya atau tepian dari berliannya nampak membulat, maka bisa dipastikan bahwa bahan berlian pada liontin tersebut adalah yang palsu. Karena berlian yang asli memiliki tepian atau ujung yang cenderung terlihat tajam. 

  1. Menggunakan metode penggosokan

Bila beberapa cara diatas belum bisa memuaskan anda, maka untuk mengecek keaslian liontin yang terbuat dari bahan berlian juga bisa dilakukan dengan cara menggosok permukaan berliannya, menggunakan amplas yang kasar. Meski terbilang caranya lebih ekstrim dari beberapa metode yang sebelumnya, namun nyatanya cara ini terbilang lebih efektif dalam menguji keaslian sebuah berlian pada sebuah liontin. Caranya, coba gosok berlian yang ada didalam sebuah liontin, dan bila terdapat hasil goresan pada permukaan berliannya, maka bisa dipastikan berlian yang terdapat dalam liontin tersebut adalah yang palsu. Karena sifat dari berlian asli yang bisa dibeli di Mondial Jeweler, sejatinya memiliki sifat yang kuat dan tahan akan goresan.  

Leave a Reply

Your email address will not be published.