Pendidikan

Kenali Apa itu Jurusan Sistem Informasi dan Apa Saja Keunggulannya

Bagi Anda yang tertarik dengan bidang komputer dan hendak melanjutkan ke perguruan tinggi, Sistem Informasi bisa menjadi pilihan jurusan kuliah Anda. Jurusan ini cocok untuk Anda yang ingin terjun dalam bidang IT namun yang tidak berfokus pada programming, justru sekaligus belajar tentang bisnis dan manajemen. Sebelumnya, kita kenali dulu apa itu Jurusan Sistem Informasi?

Jurusan kuliah dengan memilih Sistem Informasi adalah jurusan yang akan menghasilkan lulusan yang mampu melakukan analisa dalam kebutuhan bisnis. Kemudian proses bisnis dan mendesain sistem pengelolaan informasi berdasarkan tujuan dari organisasi. Guna bisa mencapai hal tersebut, maka di dalam Jurusan kuliah Sistem Informasi ini akan diajarkan untuk mengembangkan sistem informasi.

jurusan sistem informasi
jurusan sistem informasi

Yang mana ditujukan untuk memperkaya teori, metode dan paradigma yang ada. Dan banyak dipakai dalam bidang sistem informasi, merencanakan proyek pengembangan sistem informasi dari sebuah organisasi. Melakukan monitoring proyek pembuatan konstruksi teknologi informasi, mengelola pemeliharaan sistem informasi termasuk maintenance, support, dan services.

Banyak yang masih bingung membedakan antara Teknik Informatika dan Sistem Informasi karena sama-sama jurusan yang berkaitan dengan ilmu komputer. Perbedaan Jurusan Sistem Informasi dengan jurusan Teknik Informatika adalah jika pada jurusan Teknik Informatika mahasiswa terlibat langsung dengan perangkat keras dan mempelajari seluk beluknya.

Sedangkan mahasiswa Jurusan kuliah Sistem Informasi tidak perlu terlibat langsung dengan perangkat keras. Akan tetapi, ilmu dasar mengenai perangkat keras tetap diajarkan supaya dapat menentukan perangkat keras yang tepat untuk digunakan dalam sistem yang akan diterapkan.

Tidak hanya belajar mengenai ilmu komputer, Jurusan kuliah Sistem Informasi menggabungkan ilmu komputer dengan bisnis manajemen. Mahasiswa Jurusan ini setelah lulus diharapkan dapat melakukan analisa untuk kebutuhan sistem dari suatu perusahaan dan merancang sistem yang sesuai kebutuhan perusahaan. Maka, materi di dalam Jurusan kuliah Sistem Informasi selain belajar teknik pemrograman juga dipelajari tentang proses bisnis yang ada dalam perusahaan. 

Setelah mengenali apa itu Jurusan kuliah Sistem Informasi, berikutnya adalah apa keunggulan yang dimiliki jurusan ini? Jurusan Sistem Informasi memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jurusan lain yang berkaitan dengan komputer. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi di jaman sekarang, lulusan Jurusan kuliah Sistem Informasi ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan dan juga instansi pemerintah. Karena Ahli Sistem Informasi mampu menjadi jembatan antara programmer (teknisi) dengan user (pengguna) dalam membangun sebuah sistem. 

Kebutuhan manusia sekarang ini banyak didominasi oleh teknologi informasi sehingga Sumber Daya Manusia yang ahli dalam bidang teknologi informasi sangat banyak dicari. Jurusan kuliah Sistem Informasi ini menjadi salah satu bidang ilmu yang mempelajari hal tersebut. Dengan kemampuan yang dimiliki lulusan sistem informasi dalam menganalisis bisnis dan manajemen, maka lulusan ini sangat cocok sebagai ahli IT di perusahaan.

Lulusan Jurusan ini juga memiliki peluang besar untuk dapat bekerja di instansi pemerintah dan perusahaan-perusahaan. Kemampuannya dibutuhkan untuk membangun atau mengembangkan software untuk kelangsungan perusahaan. Selain itu, lulusan Jurusan tersebut juga dapat bekerja sebagai security analysis (analisis keamanan) software dan quality control atau maintenance sebuah sistem pada instansi atau perusahaan.

Anda ingin melanjutkan jenjang sekolah lebih tinggi dengan kualitas pendidikan terbaik, IDS adalah opsi yang tepat. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana (IDS Digital College) adalah institusi pendidikan ilmu komputer dengan gelar Strata 1 (S1). Melalui pendekatan Real World Project membantu anda untuk siap menghadapi tantangan karir, bisnis dan pertumbuhan teknologi.

IDS Digital College memiliki peminatan pada Software Engineering, Cyber Security dan Mobile Apps & Games Development. IDS Digital College membangun kurikulum bertaraf internasional yang siap untuk membimbing para mahasiswa untuk menjadi seorang profesional IT dalam persaingan global.