Cara Memilih Luxury Diamond Jewellery Bagi Pemula

0
17
Luxury Diamond Jewellery
Luxury Diamond Jewellery

Semua orang tentu mengenal berlian, bukan? Batu permata ini memang sangat populer dan banyak diminati oleh banyak orang. Bukan hanya kemilau kecantikan luxury diamond jewellery saja, tapi nilainya yang tinggi.  Berlian termasuk mineral batu yang paling kuat karena tidak akan mudah tergores atau pecah, kecuali jenis perhiasan lainnya.

Selain itu, belian juga memiliki berat dan bentuk yang berbeda-beda, harganya pun beragam. Setiap negara pun memiliki jenis potongan yang beragam dan memiliki ciri khasnya tersendiri. Ikuti cara ini untuk mendapatkan berlian yang tepat.

Berlian untuk investasi

Berlian memiliki bentuk yang beragam seperti round, brilliant, princess, oval, emerald, dan lainnya. Jenis berlian round bisa dijadikan perhiasan apapun. Bentuk bulat yang klasik menjadikan kelebihan untuk keperluan investasi.

Luxury Diamond Jewellery
Luxury Diamond Jewellery

Kebanyakan orang memilih jenis round karena sangat mudah untuk dijual kembali. Jenis berlian round dengan 58 potongan akan memberikan pantulan cahaya yang semakin banyak, berlian pun akan indah dan jernih.

Karakteristik sebuah berlian

Nilai berlian ditentukan dari 4C yaitu Carat, Cutting, Color, dan Clarity. Warna berlian ditentukan dengan alfabet. D artinya berlian berwarna putih, sedangkan E artinya tidak putih sekali. Selain itu, inklusi atau mineral pencemar akan berpengaruh terhadap nilai berlian, sehingga harga berlian akan menurun atau nilai berlian akan rendah.

Berlian dengan kejernihan paling bagus ditandai dengan kode VVS1, artinya inklusinya tidak bisa dilihat kasat mata dan memerlukan 20 kali pembesaran untuk bisa melihat inklusi.

Cara membedakan asli dan palsu

Berlian terbentuk dari karbon, sehingga cahaya yang terpantulkan hanya akan berwarna satu saja yaitu putih atau abu-abu. Bila warna berlian yang dipantulkan warna-warni, bisa dipastikan berlian itu palsu. Berlian akan selalu memancarkan cahaya, tentunya Anda tidak bisa melihat objek yang ada dibelakang berlian.

Jika ingin membeli luxury diamond jewellery dari sebuah toko perhiasan, mintalah sertifikat yang menjamin kualitas dan keasliannya.

Tidak perlu perawatan mahal

Asal Anda tahu. Berlian tidak membutuhkan banyak perawatan yang berlebihan. Jika ingin tetap menjaga berlian sebaiknya simpan berlian di tempat yang halus, seperti pouch (kantung) kain. Jangan sekali-kali meletakkan banyak berlian dalam satu wadah. Hal ini bisa mengaburkan kecantikan berlian, akibatnya berlian akan tergores atau rusak. Kalau bisa hindari atau kurangi memegang berlian dengan tangan, karena bisa membuat berlian buram dan tidak jernih lagi.

Apabila ingin membersihkan berlian, sebaiknya bersihkan dengan menggunakan cairan khusus untuk perhiasan atau berlian. Sebagai alternative lainnya, Anda bisa memberishkan berlian dengan merendam didalam air hangat yang telah dicampur dengan sabun. Jangan lupa untuk menyikatnya. Pastikan menyikat berlian dengan sikat gigi yang memiliki tekstur lebih lembut agar berlian tidak tergores.

Setelah mengetahui semua itu, untuk membeli perhiasan terutama berlian itu semua tergantung dengan selera dan pasar. Bagi pemula sebaiknya belilah perhiasan atau berlian pada toko yang telah memiliki sertifikat dan terjamin. Jangan lupa membaca tips memilih luxury diamond jewellery yang bekualitas untuk mendapatkan nilai jual yang lebih bagus. Ikuti tips pemilihan dari segi warna, kejelasan atau kejernihan, potongan, bahkan menentukan kadar berlian yang akan dibeli.

Belilah berlian yang memiliki sertifikat dari The Gemological Institute of America (GIA) yang telah terjamin kualitas dan keakuratan berliannya. Semoga cara dan tips di atas bisa membantu dalam memilih berlian yang diinginkan.