Alat Komunikasi Tradisional dan Modern

0
124
alat komunikasi
alat komunikasi

Berikut adalah macam-macam alat komunikasi yang tradisional dan yang modern.  Alat – alat komunikasi tradisional dan modern tersebut ada banyak sekali, dan saya akan menguraikan satu persatu. Perubahan waktu telah membuat banyak hal terjadi, yaitu tentang perubahan teknologi yang begitu cepat. Apakah ini yang di nama kan kemajuan peradaban manusia? Bisa saja iya, jika kehadiran teknologi itu membawa manfaat kepada kemaslahatan umat manusia, namun jika membawa bencana, maka ini bukan kemajuan peradaban alias kemunduran. Mari kita simak informasinya:

Kentongan

Kentongan sebagai salah satu alat komunikasi yang ada di masyarakat. Biasanya di gunakan untuk mengumumkan suatu berita atau peristiwa yang terjadi. Para penjaga malam sering menggunakan kentongan sebagai media komunikasi ketika ada maling. Sehingga mendengar suara yang di keluarkan dari kentongan itu membuat masyarakat keluar rumah untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi.

  1. Daun Lontar dari sebuah pohon

Daun lontar adalah media atau sarana dalam menulis surat atau pesan kepada orang lain. Kertas belum ada, sehingga daun menjadi pilihan orang zaman dulu untuk menyampaikan pesan. Selain itu, Para raja zaman dulu, menggunakan daun lontar untuk menulis maklumat atau pengumuman kepada rakyatnya.

  1. Telepon Kaleng yang terhubung dengan benang

Kaleng yang di hubungkan dengan benang dan bisa mendengar suara orang dengan jarak tertentu menjadi alat komunikasi tradisional juga. Namun jarak yang di gunakan untuk berkomunikasi dengan alat tradisional ini tidak begitu jauh jaraknya, paling sekitar 5 sampai 10 meter.

  1. Surat

Media surat masih tren sampai sekarang, namun orang dulu masih menggunakan surat dengan cara menulis di kertas atau di daun. Dan butuh waktu yang lama untuk sampai kepada penerimanya. Kadang bisa sebulan atau lebih, semua di tentukan ketersediaan transportasi dan jarak tempuh yang ada.

  1. Terompet yang bisa menghasilkan suara

Walau setiap malam tahun baru masehi selalu banyak orang yang menggunakan terompet, namun alat ini masih termasuk dalam alat komunikasi tradisional. Sejarahnya sejak zaman bani israel sudah ada alat ini. Terompet hampir sama dengan lonceng, yakni sebagai media penyampai informasi kepada masyarakat jika ada pesan penting. Mungkin terompet adalah simbol dari Israel dan lonceng adalah simbol dari gereja.

 

Berikut adalah macam-macam alat komunikasi yang tradisional dan yang modern.  Alat – alat komunikasi tradisional dan modern tersebut ada banyak sekali, dan saya akan menguraikan satu persatu. Perubahan waktu telah membuat banyak hal terjadi