Tips Membersihkan Laptop yang Baik dan Benar

0
125
Tips membersihkan laptop
Tips membersihkan laptop

Laptop merupakan salah satu perangkat komputer portabel yang banyak digunakan pada saat ini. Keberadaan laptop menjadi sangat penting karena mampu menjalankan berbagai macam aplikasi dan fitur komputer dengan sangat baik. Ukurannya yang lebih ringkas dan mudah dibawa kemana saja menjadi pilihan semua orang baik itu pekerja, mahasiswa hingga anak sekolah untuk menuntaskan berbagai macam pekerjaan dan kewajiban yang dimilikinya.

Akan tetapi kebanyakan pengguna laptop pada saat ini kurang memperhatikan kebersihan laptop yang digunakan sehingga laptop tersebut menjadi kotor dan penuh dengan debu. Laptop yang kotor dan berdebu tentunya tidak akan sehat dan kurang baik bagi kesehatan. Untuk menjadikan laptop yang kita miliki menjadi lebih bersih, berikut ini ada beberapa tips membersihkan laptop yang baik dan benar yang bisa kita lakukan.

Tips membersihkan laptop yang baik dan benar yang pertama adalah menyiapkan peralatan yang digunakan ketika akan melakukan proses pembersihan. Beberapa peralatan dan perlengkapan yang kita butuhkan saat akan membersihkan sebuah laptop di antaranya adalah kapas, kain (microfibaer) serta alkohol.

Alkohol dengan kandungan lebih dari 90% akan sangat aman untuk digunakan membersihkan laptop dan tidak akan merusak berbagai macam komponen yang ada di dalamnya. Tips selanjutnya adalah mulai membersihkan bagian dalam laptop tersebut. Kita bisa memulai membersihkan laptop pada bagian dalam, akan tetapi sebelum membersihkannya kita harus memastikan laptop tersebut dalam keadaan mati.

Kita bisa membersihkan laptop mulai dari celah-celah kecil yang menjadi lubang udara pada laptop tersebut seperti lubang USB, lubang charger dan beberapa macam lubang lain yang ada pada laptop tersebut. Gunakan penyaring udara agar debu yang ada pada bagian dalam bisa dibersihkan dengan sangat baik.

Tips membersihkan laptop selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah dengan membersihkan bagian luar. Kita bisa menggunakan kain microfiber yang telah dicampur dengan alkohol dan mulai membersihkan beberapa macam bagian laptop seperti keyboard, layar dan bagian luar laptop tersebut. Pastikan berbagai macam celah di antara keyboard mampu dibersihkan dengan baik dan semua kotoran dan debu bisa diangkat dengan sempurna.