Makna Teknologi Informasi dan Komunikasi

0
313
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi – Apakah Anda sudah tahu makna teknologi informasi dan komunikasi? Kata ini memiliki makna bahwa semua teknologi yang terkait dengan penanganan informasi. Hal ini melibatkan pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, diseminasi dan penyajian informasi. Jadi, ICT adalah teknologi yang berhubungan dengan pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.

Dilihat dari komposisi katanya, teknologi informasi dan komunikasi terdiri dari 3 (tiga) kata yang masing-masing memiliki arti tersendiri. Kata pertama, teknologi, berarti pengembangan dan penerapan alat, mesin, bahan dan proses yang membantu orang memecahkan masalah mereka. Kata teknologi sering kali memiliki makna penemuan alat terkini yang menggunakan proses dan prinsip penemuan ilmiah.

Teknologi Informasi dan Komunikasi
                                                      Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kata kedua dan ketiga, yaitu informasi dan komunikasi, erat kaitannya dengan data. Informasi berarti hasil pengolahan, manipulasi dan pengorganisasian sekelompok data yang memberi nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya. Komunikasi merupakan proses pemberian informasi (pesan atau ide) dari satu pihak ke pihak lain. Sehingga ada hubungan saling mempengaruhi diantara keduanya.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi merupakan hasil rekayasa manusia pada proses penyampaian informasi dan proses penyampaian pesan (ide-ide) dari satu pihak ke pihak lain sehingga lebih cepat, lebih luas distribusinya, dan penyimpanan yang lebih lama.

Sementara itu informasi merupakan kata yang memiliki arti tersendiri dan dalam aplikasinya membutuhkan alat atau perangkat khusus. Begitu juga dengan kata komunikasi. Sekarang kita tahu begitu banyak alat komunikasi jarak yang tidak lagi menjadi masalah asalkan alat komunikasi tersedia. Informasi dapat ditampilkan atau dikirim ke tempat tujuan yang jauh dengan menggunakan alat di bawah ini.

Pertama, yakni komputer.  Perangkat ini merupakan perangkat yang bermanfaat untuk mengolah data menjadi informasi sesuai dengan prosedur yang telah sebelumnya dirumuskan. Kemudian adalah LCD (Liquid Crystal Display). Alat ini merupakan perangkat untuk menampilkan informasi yang berasal dari laptop atau komputer atau bahkan media informasi lainnya seperti DVD Player. Kemudian OHP (Over Head Projector), alat untuk menampilkan informasi statis yang tertulis pada plastik transparan.

Selanjutnya yang termasuk teknologi informasi dan komunikasi adalah radio. Sistem kerja alat ini yaitu penerima informasi yang datang dari stasiun transmitter berupa gelombang elektromagnetik yang membawa informasi suara. Selanjutnya yakni televisi, penerima informasi berupa gambar dan suara. Televisi berasal dari kata tele (far) dan vision (terlihat / visual).