Trik Shopping Bijak di Awal Bulan

0
68
Trik Shopping Bijak di Awal Bulan

Awal bulan adalah saat yang dinanti-nanti, apalagi bagi para karyawan yang menerima gaji setiap tanggal satu. Shopping pada saat awal bulan terasa menyenangkan setelah di ujung bulan sebelumnya Anda biasanya berhemat dan menahan diri dari pengeluaran yang tak perlu.

Tapi, awal bulan bukan berarti Anda bebas untuk mengeluarkan uang, bukan? Justru perencanaan yang bijak di awal bulan inilah yang akan menentukan nasib Anda di akhir bulan berikutnya.

Nah, di bawah ini ada beberapa trik yang bisa membantu Anda shopping secara bijak di awal bulan. Apa saja, sih?

  1. Buat list kebutuhan

Saat awal bulan dan rekening sedang gendut-gendutnya, Anda sudah harus memiliki list kebutuhan, terutama kebutuhan dasar. Kebutuhan ini dapat berupa peralatan mandi, stok bahan makanan hingga tagihan air dan listrik bulanan. Anda bisa menentukan mana kebutuhan primer alias yang harus segera dipenuhi, kebutuhan sekunder atau kebutuhan tambahan hingga kebutuhan tersier atau jika perlu.

Fokuslah memenuhi kebutuhan primer Anda selama sebulan terlebih dahulu baru beralih ke kebutuhan lainnya.

2. Manfaatkan sale

Sebagai teknik marketing, beberapa minimarket hingga supermarket atau toko-toko besar biasanya mengadakan promo awal bulan. Anda tentu saja tak boleh melewatkan kesempatan unik ini. Apalagi jika kebutuhan yang ditawarkan adalah kebutuhan primer Anda. Grab it fast!

3. Online shopping

Untuk menghemat tenaga dan waktu, Anda juga bisa berbelanja lewat sistem online. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi dan menghemat banyak waktu. Meskipun demikian, tetap teliti dalam membeli, ya. Cari online shop yang terpercaya dan beli sesuai list kebutuhan Anda.

4. Sisihkan sebagian penghasilan

Menabung! Ya, Anda wajib menyisihkan sebagian uang ke dalam tabungan. Tidak perlu banyak, tetapi rutin setiap awal bulan. Tabungan ini akan sangat menolong saat akhir bulan atau pada saat ada kejadian tak terduga.

Nah, itu tadi empat trik bijak shopping di awal bulan. Sebesar apapun penghasilan Anda, jika tidak belajar bijak mengelolanya maka akan selalu terasa tak cukup. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here