Komponen Planning Untuk Bisnis yang Baik

0
40
planning untuk bisnis

Dalam membuat planning untuk bisnis yang baik, tentunya harus meliputi beberapa komponen. Kurang lebih ada tujuh komponen dalam membuat perencanaan bisnis yang harus Anda sertakan. Dalam menulis rencana bisnis ini, komponen yang pertama adalah ulasan deskripsi tentang bisnis Anda. Pada bagia ini, Anda akan dituntut untuk menjelaskan secara singkat bagaimana bidang usaha yang akan Anda jalankan.

Dalam deskripsi ini, Anda juga dapat menuliskan potensi produk yang Anda tawarkan serta peluangnya dipasaran. Kemudian yang harus Anda tuliskan selanjutnya yaitu strategi pemasaran. Dalam hal ini, Anda harus mengalisis pasar terlebih dahulu, sehingga Anda akan menentukan target penjualan produk Anda.

Selanjutnya adalah Anda juga harus menuliskan analisa pesaing. Dimana analisa pesaing ini digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing usaha Anda dalam satu bidang yang sama. Nah, setelah Anda menemukan kekuatan pesaing, Anda dapat mencari strategi dengan memasarkan produk yang berbeda yang lebih menarik dari pesaing Anda.

Komponen planning untuk bisnis yang selanjutnya adalah desain dan pengembangan. Dimana rencana desain dan pengembangan sangat diperlukan untuk menunjukkan tahap perencanaan produk, grafik pengembangan dalam konteks produksi penjualan. Pada dasarnya bagian ini berfungsi untuk membuat rencana anggaran biaya produksi yang sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.

Selanjutnya yang tak kalah penting yaitu tentang rencana operasional dan manajemen. Dimana bagian ini dibuat untuk menjelaskan bagaimana usaha Anda akan berjalan dan berkelanjutan. Bagian ini akan fokus terhadap kebutuhan-kebutuhan logistik perusahaan, seperti apasaja tugas serta tanggung jawab tim manajemen, prosedur penugasan antar divisi dan juga kebutuhan tentang anggaran pengeluaran dalam perusahaan.

Dalam membuat perencanaan untuk bisnis yang tak kalah penting lagi yaitu tentang pembiayaan. Dimana pembiayaan adalah unsur yang tidak boleh ketinggalan dalam bisnis. Dalam bagian ini, Anda akan memperhitungkan bagaimana mengatur anggaran secara efisien antara pengeluaran dan pemasukan dalam perusahaan.

Dan yang terakhir dalam planning untuk usaha  yaitu kesimpulan usaha. Dimana bagaian ini adalah kesimpulan dari seluruh bagian kerangkan rencana bisnis yang telah Anda buat. Dengan membuat rencana yang baik, tentu Anda akan semakin mudah masuk dalam dunia bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here