Dampak Negatif Teknologi Terhadap Gaya Hidup

0
52

Teknologi, sesuatu yang telah menjadi bagian dari hidup manusia, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa teknologi tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Teknologi diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia. Gaya hidup manusia berubah seiring adanya perkembangan teknologi dari zaman ke zaman sehingga terbentuknya sebuah gaya hidup manusia yang modern, digital dan serba instan.

Tentu saja perubahan gaya hidup tersebut sangat mempengaruhi psikologi manusia dalam hubungannya dengan manusia lain dan lingkungannya. Selain dampak positif yang dirasakan sangat bermanfaat bagi manusia, misalnya gaya hidup digital, yang menggambarkan fenomena zaman sekarang akibat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang makin pesat.

Dengan menggunakan peralatan digital, pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih efisien dalam arti menghemat  biaya dan juga waktu, dapat lebih efektif karena tujuan pekerjaan bisa dicapai lebih cepat daripada sebelumnya.

Selain perubahan gaya hidup yang memberikan dampak positif diatas, teknologi juga dapat memberikan dampak berupa gaya hidup negatif, yaitu:

  1. Gaya hidup modern

Perkembangan teknologi terutama teknologi informasi menyebabkan manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan tersebut supaya tidak dibilang ketinggalan zaman. Hal inilah yang mendasari terbentuknya gaya hidup baru yaitu gaya hidup modern. Namun, perkembangan gaya hidup modern terkadang tidak sesuai dengan norma-norma dan etika yang berlaku di masyarakat. Sehingga terjadilah perubahan sikap dan perilaku masyarakat yaitu berupa kemerosotan moral.

2. Gaya hidup malas

Tehnologi dapat mengurangi kreativitas; teknologi yang menjadi alat bantu manusia menjanjikan sejuta efisiensi. Oleh karena itu, manusia akan menjadi malas karena kemajuan teknologi tersebut. Sebagai misal, aktivitas copy-paste di mahasiswa akan menjadi budaya plagiat di kemudian hari. Pada akhirnya kreativitas seseorang dapat menurun jika ia tak pandai memanfaatkan teknologi untuk pengembangan dirinya.

3. Gaya hidup tidak sehat

Apapun yang berlebihan pasti menghasilkan hal yang tidak baik. Tak terkecuali dengan perangkat teknologi. Sejatinya teknologi menawarkan kepraktisan dan kemudahan dalam beraktifitas. Namun,apabila dilakukan secara berlebihan akan menimbulkan gangguan bagi kesehatan. Misalnya gangguan susah tidur,cedera regangan akibat mengetik, pendengaran berkurang, mabuk akibat game atau film, sulit konsentrasi, sakit kepala akibat ponsel, dan kecanduan internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here