gadget

Sisi Lain Kecanggihan Internet

 

Hadirnya perkembangan teknologi saat ini menjadikan semua orang merasakan kemudahan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Tidak dapat dipungkiri lagi hidup di zaman serba modern pada saat ini adalah di mana kemudahan dan kecepatan informasi sangatlah mudah didapatkan. Hadirnya teknologi informasi dewasa ini menjadikan perubahan yang sangat signifikan di beberapa sektor seperti industri, belanja online dan lain sebagainya. Hadir pula dengan jaringan internet yang tersedia dengan produsen yang memberikan layanan untuk menikmati jaringan internet menggunakan beragam alat yang disediakan menjadikan percepatan untuk kepentingan semakin mudah. Akan tetapi hal tersebut menjadi salah satu momok tersendiri dari sisi lain kecanggihan teknologi internet yang ada. Pembaruan gadget yang semakin hari semakin berkembang dan terus terbarukan membuat berbagai spekulasi dan sisi negatif yang terdapat di dalamnya.

Tidak seperti sisi positif yang dihasilkan memanfaatkan internet untuk kegiatan transaksi dan percepatan informasi yang dihasilkan, internet juga memiliki sisi negatif yang tersirat di dalamnya. Beberapa hal yang mungkin Anda tidak sadar di sisi lain kecanggihan internet adalah.

  1. Sebagian orang menjadi tidak kenal akan lingkungannya karena sibuk dengan smartphone di genggamannya sehingga menjadi autis dan kurang peduli terhadap lingkungan seakan ada istilah “hidup tapi terasa mati” karena alat indera penglihatan yang dipakai fokus pada HP smartphone di genggaman
  2. Tatap muka seakan menjadi kurang berasa seperti pada zaman sebelum adanya kecanggihan internet, di mana saling tatap muka dengan menggunakan media lain seperti chating menggunakan aplikasi pihak ke tiga yang terdapat di smartphone.
  3. Tertipu dengan iming-iming yang terdapat di iklan yang belum tentu kebenarannya. Beberapa kasus yang muncul di media memang adalah salah satu korban di mana tertipu akan iming-iming harga murah yang didapatkan di berbagai sumber yang tertera di media online.
  4.  Internet menjadi salah satu kebutuhan. Untuk mendapatkan layanan internet tentunya harus mempunyai langganan jasa yang menyediakan layanan tersebut. Meskipun sekarang kartu prabayar yang disediakan semakin hari semakin mahal akan tetapi sebagian orang rela membelinya supaya kebutuhan akan internet terpenuhi
  5.  Layanan informasi memberikan efek negatif terhadap perkembangan anak didik. Dengan layanan internet yang tersedia anak akan kecanduan terhadap dunia gadget smartphone yang ada. Dengan begitu anak sulit berkembang untuk bersosialisasi terhadap lingkungannya.