Berbagai Kekurangan Layar Jenis OLED

0
109

Layar oled

Memiliki gadget tercanggih merupakan kebanggaan bagi orang tersebut. Namun tahukah anda biasanya kecanggihan teknologi gadget tersebut tidak akan berlangsung lama. Karena teknologi gadget cepat sekali berubah dan berganti. Hal ini disebabkan vendor – vendor yang berkecimpung di bidang ini selalu melakukan inovasi untuk memperbaiki teknologinya.

Sehingga dalam waktu singkat saja teknologi yang baru akan lain menggantikan teknologi sebelumnya. Salah satu teknologi yang saat ini sedang hangat diperbincangkan adalah lahirnya gadget baru dengan layar fleksibel, layar fleksibel tersebut berbasis gadget OLED.

OLED merupakan piranti semikonduktor yang terbuat dari lapisan organic. OLED ini berfungsi sebagai pemancar cahaya. Sehingga menghasilkan gambar yang lebih jernih dan lebih jelas. Selain dari itu, OLED memiliki kelebihan lain yaitu ketipisannya yang kurang dari 1 mm, sama halnya dengan ketipisan selembar kertas, dapat menjadikan OLED ini sangat ringan dan fleksibel. Sifat inilah yang digunakan sebagai dasar untuk membuat gadget OLED dengan layar fleksibel.

Namun di samping kelebihan yang dimilikinya, OLED juga memiliki beberapa kekurangan, berikut adalah beberapa diantaranya :

  1. Masalah teknis, masalah teknis yang dimiliki oleh OLED yaitu masa bertahan bahan organik yang terbatas. Masa bertahan OLED sekitar 14.000 jam dibandingkan layar datar lain yang bisa mencapai 60.000 jam atau bahkan 100.000 jam.
  2. OLED dapat terpengaruhi oleh kelembaban, kelembaban yang cukup tinggi dapat memperpendek umur OLED.
  3. OLED terbuat dari bahan yang memiliki kandungan organic, sehingga mudah rusak jika terkena air.
  4. Dalamperanti OLED multi-warna yang sedang dikembangkan saat ini, intensitas cahaya untuk warna tertentu belum menghasilkan warna yang terang dan jernih.
  5. Harga produk yang cenderung mahal sehingga dapat menjadikan gadget yang menggunakan OLED memiliki harga yang sangat tinggi.

Teknologi OLED yang sedang di kembangkan di Indonesia padaumumnyamasihmemiliki beberapa kekurangansehinggaperludikembangkanlebihlanjutuntukmenghasilaknproduk yang lebihsempurna, begitupula dengan gadget OLED berlayar fleksibel pun sedang dalam tapam penyempurnaan sehingga akan sempurna ketika kelak diluncurkan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here