Efek Penggunaan Gadget Terhadap Kesehatan

0
79
gadget

Saat ini menggunakan gadget seperti android, iphone, blackberry, netbook, dan sebagainya dalam berkomunikasi sudah menjadi hal yang biasa bagi seluruh masyarakat yang ada di Indonesia. Jenis-jenis gadget ini merupakan alat komunikasi canggih berbasis internet yang memberikan kemudahan terhadap penggunanya dalam mencari, menemukan dan mengirimkan setiap informasi sesuai kebutuhannya.

Perkembangan teknologi komunikasi seperti gadget ini tentu mempunyai manfa’at besar bagi banyak orang, baik untuk kepentingan pekerjaan, sekolah, berbisnis, atau hanya untuk hiburan semata. Selain itu, jaringan internet yang bisa dinikmati melalui gadget ini mencakup jangkauan komunikasi yang luas hingga ke seluruh dunia.

gadget

Kini berkomunikasi dengan orang yang berasal dari luar negeripun bisa anda lakukan dengan mudah dan biaya murah melalui jaringan internet tanpa membuang pulsa ponsel yang banyak dalam waktu sekejap.

Namun, menggunakan gadget dalam waktu yang lama dan tanpa memperhatikan batasannya dapat berdampak buruk terhadap kesehatan anda. Untuk itu, anda perlu membatasi beberapa kegiatan yang berhubungan dengan gadget seperti bermain game terlalu lama yang dapat memicu timbulnya gangguan pada mata seperti mata minus atau rabun jauh. Penglihatan yang terlalu fokus terhadap game dalam gadget dapat menyebabkan mata kering, merasa lelah, dan pandangan kabur.

Pekerjaan dengan menggunakan laptop atau komputer yang terlalu lama dan tanpa mengistirahatkan mata, dapat menyebabkan mata terkena paparan radiasi yang berasal dari laptop atau komputer itu sendiri.

Untuk itu, penting bagi anda untuk mengatur jarak mata dari layar laptop dan alangkah baiknya jika anda menghindari tempat yang gelap saat melakukan pekerjaan dengan menggunakan laptop. Selain itu, mata juga perlu beristirihat disela kesibukan anda dalam menggunakan laptop.

Anda juga harus selalu memperhatikan kesehatan mata dalam penggunaan smartphone maupun tablet dalam setiap aktivitas yang anda lakukan sehari-hari agar mata terhindar dari kelelahan dan berbagai resiko gangguan pada mata seperti mata minus, dan terpaparnya radiasi yang berbahaya bagi mata.

Biarkan mata istirahat dalam beberapa waktu dengan melepaskan gadget dari genggaman tangan anda, dan jangan pernah menggunakan smartphone atau tablet dalam posisi berbaring, karena hal ini juga dapat memicu timbulnya masalah kesehatan pada mata anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here