Dampak Smartfren Pada Balita

0
56
Dampak smartphone pada balita

Berbicara tentang gadget semua orang memilikinya dengan berbagai merek smartphone. Smartphone sekarang sudah sangat canggih dengan penambahan fitur yang lebih bagus ini membuat smartphone menjadi pilihan semua orang. Namun kadang sebagai orang tua sering tidak mengetahui dampak smartphone ketika diberikan kepada anak. Anak pada usia tertentu memang menjadi hal yang biasa namun ketika smartphone diberikan kepada balita maka bisa memiliki dampak yang kurang baik pada kondisi balita tersebut. Dampak smartphone pada balita bisa menjadi buruk jika terus dilakukan terus menerus tanpa ada pantauan dari orang tuanya.

Balita memang memerlukan pendidikan namun jika diberikan smartphone terus menerus memang bisa berdampak kurang baik. Dampak smartphone pada balita tentu harus diketahui oleh semua orang tua seperti diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Dampak smartphone pada balita

  1. Anak akan bisa susah tidur yang disebabkan dalam hape memiliki cahaya blue light yang bisa membuat sinyal yang salah pada otak anak tersebut.
  2. Bisa terjadi gangguan pada mata yang disebabkan mata  menjadi buram karena sering menggunakan smartphone tersebut. Apalagi penggunaan smartphone dilakukan dalam kondisi yang gelap ini juga akan berdampak kurang baik.
  3. Anak akan lebih banyak diam menggunakan smartphone sehingga kondisi fisik bisa terganggu baik berat badan menjadi lebih berat dan akan membuat obesitas atau menjadi kurang cepat respon dikarenakan kurang gerak dalam beraktivitas.
  4. Menjadi kurang berkonsentrasi karena orang yang banyak menggunakan smartphone hanya fokus pada smartphone tersebut.
  5. Anak akan menjadi kurang bersosialisasi dengan teman atau lingkungan sekitar jika menggunakan smartphone atau gadget secara terus menerus.
  6. Bisa membuat rasa sakit pada bagian – bagian tubuh karena menggunakan smartphone tanpa istirahat.

Dengan melihat dampak negatif ini maka tentu harus menjadi hal yang sangat diperhatikan lagi agar dampak – dampak diatas tidak akan datang kepada anak – anak kita semuanya. Selain itu sebagai orang tua harus memberikan mainan yang sangat mendidik agar anak bisa bermain sambil belajar dan harus disesuaikan dengan usia dari anak – anak tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here