Tips Menggunakan Gadget bagi Anak-anak

0
97
Tips Menggunakan Gadget bagi Anak-anak
Tips Menggunakan Gadget bagi Anak-anak

Usia anak merupakan masa pertumbuhan dengan rentang yang cukup panjang, di masa ini ada beberapa tugas perkembangan yang harus mereka lalui. Mulai dari kemampuan dalam berbicara, berjalan, menulis, dan lain sebagainya.

Dan dimasa ini pun memiliki ciri-ciri tertentu, baik yang dapat dilihat secara fisik, maupun psikologis. Seperti contohnya ialah, masa anak merupakan masa bermain. Dengan kata lain, bermain merupakan kehidupan mereka. Oleh karenanya, tak heran apabila mereka lebih senang bermain ketimbang belajar. Berbicara mengenai bermain, jauh sebelum terjadinya era digital seperti sekarang ini banyak permainan tradisional yang baik untuk usia mereka.

Namun, nampaknya hal tersebut tidak berlaku untuk sekarang. Karena anak-anak justeru lebih senang dan memilih bermain dengan Tips Menggunakan Gadget bagi Anak-anak, atau alat elektronik seperti smartphone dan semacamnya. Yang mana didukung dengan hadirnya beragam jenis aplikasi, termasuk games.

Untuk tetap membantu mengoptimalkan perkembangan anak, sebagai orang tua, anda bukan berarti tidak dapat memberikan mereka peralatan teknologi canggih dan mutakhir seperti smartphone itu tadi. Namun dengan perhatikan beberapa hal di bawah ini:

  1. Berikanlah mereka perangkat tersebut dengan aplikasi yang hanya membantu mereka untuk mengembangkan atau mengasah kemampuannya. Dengan menginstal aplikasi yang sesuai dengan tingkat usia mereka, hal tesebut mudah untuk anda dapatkan dengan mencarinya melalui play store.
  2. Berikanlah batasan waktu penggunaan dengan tepat, dikhawatirkan mereka terlalu keasyikan. Misalnya, untuk siang hari tidak boleh lebih dari dua jam. Atau memberikan persyaratan tertentu. Hal ini dapat anda lihat situasi dan kondisi lingkungan serta anak itu sendiri.
  3. Lengkapi perangkat yang anda miliki dengan musik-musik yang bernuansa rohani, sehingga sedari dini mereka telah anda perkenalkan dengan dunia agamis. Misalnya lagu-lagu Islami, kemudian bacaa-bacaan shalat, belajar mengaji dan lain sebagainya.
  4. Cobalah untuk tidak menyimpan perangkat milik pribadi di mana saja. Dan alangkah baiknya berikan smasrtphone atau jenis perangkat mobile lainnya khusus bagi mereka.

Untuk memperoleh gadget berkualitas dengan harga yang jauh lebih miring, anda dapat memanfaatkan jaringan internet dan membuka situs terkait.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here