Home Industry Perkuat Dunia Bisnis

0
83

Bisnis adalah sebuah bidang ekonomi yang banyak ragamnya. Bisnis merupakan kegiatan ekonomi yang dapat memberikan keuntungan karena bisnis biasanya profit oriented atau bertujuan untuk menghasilkan keuntungan. Kegiatannya bisa bergerak di bidang produksi atau distribusi. Salah satu kegiatan industry yang banyak dilakukan oleh masyarakat kita adalah berupa home industry.

Kegiatan bisnis seperti ini dilakukan dengan cara memproduksi sebuah makanan atau benda-benda lain yang dikerjakan dengan peralatan sederhana. Begitupun dengan system managemennya merupakan system managemen yang sederhana pula. Biasanya para pekerjanya terdiri dari anggota keluarga atau tetangga-tetangga sekitar rumah pemilik industry tersebut.

up-p04-a_9

Walaupun dikerjakan dan di-manage secara sederhana, banyak home industry yang terbukti tangguh melawan guncangan ekonomi sekalipun krisis ekonomi global. Hal itu terbukti pada peristiwa krisis ekonomi sekitar tahun 1998 lalu. Banyak industry-industri yang dikerjakan di rumah tersebut terbukti dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Mereka tetap bertahan sampai belasan atau puluhan tahun. Industry-industri tersebut dapat dengan mudah kita temukan di perkampungan. Hal itu dikarenakan mata pencaharian penduduk kampung biasanya berupa pekerja musiman. Mereka tidak terpaku pada satu bidang pekerjaan saja.

Ketika banyak pekerjaan di sawah atau di lading, mereka bekerja sebagai petani atau buruh tani. Sementara pada musim menunggu sampai panen (paceklik) mereka bekerja sebagai pedagang musiman, buruh musiman, atau bekerja di rumah-rumah tetangganya yang mempunyai kegiatan industry.

Apabila direncanakan dan dibimbing dengan baik oleh pemerintah, home industry yang jumlahnya sangat banyak di negara kita dapat berkembang menjadi industry kecil atau menengah yang mempunyai peluang besar menjadi industry yang siap bersaing di pasar global.

Misalnya saja industry yang memproduksi makanan tradisional tiap-tiap daerah apabila dilatih menggunakan  managemen modern, peralatannya menggunakan teknologi tepat guna, permodalan dan perizinannya dibantu pemerintah, juga diberikan peluang untuk promosi baik di pasar local maupun global, industry-industri tersebut bisa menjadi solusi. Baik bagi masalah pengangguran ataupun dapat menambah jumlah devisa negara .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here