Jenis-Jenis Transaksi DI Toko Online

0
77
Toko Online
Toko Online

Hadirnya beberapa toko online saat ini membuat kita semakin bebas memilih tempat belanja secara aman, hemat dan praktis. Tapi tidak semua orang berminat melakukan transaksi secara online ini dan lebih memilih belanja kebutuhan sehari-hari dengan mengunjungi beberapa toko yang menjual produknya secara langsung, hal itu memang sah-sah saja dan sudah menjadi pilihannya. Jika ditanyakan langsung kepada orang tersebut biasanya ada beberapa alasan mengapa mereka tidak mencoba belanja online saja yang sistemnya lebih praktis. Beberapa alasannya antara lain diantara mereka belum mengetahui cara belanja online tersebut seperti apa, karena keterbatasan alat berupa gadget. Selain itu ada sebagian yang beralasan bahwa berbelanja online takut tertipu dengan kualitas barang yang dijual, makanya lebih memilih belanja dengan mendatangi tokonya secara langsung.

Toko Online
Toko Online

Beberapa permasalahan diatas yang saat ini masih menjadi kendala bagi sebagian orang semoga tidak membuat kita menjadi takut atau khawatir untuk melakukan belanja secara online. Sebab jika kita pelajari lebih detail maka melakukan transaksi di toko online banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapat. Untuk lebih mengenal jauh tentang cara transaksi di sebuah online shop, maka perlu kita ketahui beberapa jenis cara pembayaran yang biasa dilakukan saat kita belanja online :

1. Kartu kredit

Melakukan pembayaran menggunakan sebuah kartu kredit saat ini masih menjadi pilihan utama para konsumen ketika berbelanja online. Hal ini dilakukan karena melakukan transaksi pembayaran memakai kartu kredit dianggap lebih praktis. Tapi harus diperhatikan melakukan transaksi dengan kartu kredit tidak sepenuhnya aman karena kartu yang kita miliki bersifat statis, artinya nomor yang tertera pada kartu tidak akan berubah kecuali kita menutup dan membuka akun baru. Hal inilah yang perlu diperhatikan karena begitu informasi akun tersebut bocor secara online, dikhawatirkan besar kemungkinan bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah potensi kebocoran informasi tersebut yaitu dengan memilih toko online yang benar-benar sudah terpercaya oleh banyak pelanggan.

2. Kartu debit

Cara transaksi online berikutnya yaitu dengan menggunakan kartu debit. Caranya memang sangat mudah, kita tinggal malakukan proses transfer antar bank melalui mesin ATM atau bisa melalui layanan internet banking yang bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Melakukan pembayaran menggunakan kartu debit juga tentunya mengandung sejumlah resiko, apalagi dalam proses pembayaranya uang kita secara langsung berkurang dari dalam rekening. Jika saja kita belanjanya tidak di online shop terpercaya, dikhawatirkan terkena modus penipuan.

3. Cash On Delivery (COD)

Jenis trensaksi online berikutnya yaitu Cash On Delivery (COD). Cara ini bisa dibilang merupakan cara yang paling aman, sebab kita baru akan membayar barang yang kita pesan setelah barang tersebut sampai ke tangan kita melalui jasa kurir. Tentunya kita bisa cek dulu fisik barang tersebut apakah sesuai dengan yang kita pesan.

Nah itulah beberapa cara transaksi jika kita belanja secara online. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here