Study in Indonesia – Sejarah Panjang Fakultas Universitas Indonesia

0
67
Study in Indonesia
Study in Indonesia

Prestasi yang diukir oleh Program Studi Kedokteran Universitas Indonesia sebagai yang terbaik se-Indonesia tentu bukan perjuangan dalam waktu singkat. Saat ini alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dikenal memiliki kredibilitas.

Reputasi serta prestasi gemilang ini sebenarnya tidak lepas dari sejarah Universitas Indonesia itu sendiri. Universitas Indonesia saat ini, pada mulanya merupakan sekolah yang didirikan oleh pemerintah kolonial untuk menyiapkan tenaga kesehatan. Lulusan sekolah ini kemudian mendapat sertifikat yang menjadi bukti legal mereka dapat melakukan tindakan perawatan medis dasar. Nah bagi kamu yang ingin melakukan study in Indonesia khususnya yang tertarik dengan studi kedokteran harus tahu sejarah yang satu ini.

Study in IndonesiaSejarah sekolah yang kini menjadi Universitas Indonesia, bisa kita lacak hingga pada tahun 1849. Pemerintah kolonial Belanda mendirikan sekolah untuk menyiapkan tenaga medis. Siswa diberi pendidikan kedokteran selama dua tahun dan mendapat sertifikat. Alumnus sekolah ini hanya diperbolehkan membuka praktek kedokteran di wilayah Hindia Belanda saja.

Lalu pada tahun 1864 waktu tempuh pendidikan kedokteran ditambah menjadi tiga tahun, kemudian ditambah menjadi 7 tahun pada 1875. Saat itu, gelar yang diberikan adalah Doktor Medis. Pada tahun 1898 pemerintah kolonial mendirikan STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen). STOVIA memberikan pendidikan kedokteran dengan jangka waktu pendidikan selama 9 tahun. Alumnus STOVIA saat itu berperan besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Setelah proklamasi kemerdekaan, Badang Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (BPTRI) dibentuk. Melalui BPTRI ini sekolah-sekolah medis yang dibentuk oleh pemerintah kolonial diakomodasi dan dikelola. Saat itu BPTRI memiliki tiga fakultas yaitu kedokteran, sastra dan hukum.

Ketiga fakultas ini yang menjadi cikal bakal ketiga fakultas yang sama di Universitas Indonesia. Nama Universitas Indonesia sendiri adalah gubahan dari Universiteit van Indonesie (UVI) pada tahun 1947.

Universitas Indonesia memulai operasinya secara resmi pada 2 Februari 1950. Rektor pertama adalah Ir. R.M Pandji Soerachman Tjokroadisoerio. Cukup menarik ya sejarah universitas yang satu ini. Bisa menjadi pengetahuan sejarah bagi kamu yang akan study in Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here