Tips Memilih Buku Untuk Anak

0
99

Buku atau bacaan merupakan sebuah alat atau sarana yang dapat kita gunakan untuk memperoleh sebuah pengetahuan atau ilmu, baik itu ilmu atau pengetahuan tentang pendidikan dan juga pengetahuan tentang lingkungan sekitar. Dan bacaan ini ternyata mempunyai kualifikasinya tersendiri. Yang di maksud dengan kualifikasi di sini adalah kualifikasi yang didasarkan pada usia seseorang, karena tidak semua bacaan yang ada dapat dikonsumsi oleh setiap orang dalam semua usia.

Ada beberapa diantaranya yang diperuntukan untuk seseorang yang telah dewasa dan lebih bisa memfilter apa yang mereka baca. Dan berikut adalah beberapa tips memilih bacaan untuk anak bagi kita para orang tua, karena budaya membaca pada umumnya harus kita biasakan sejak dini sebagai pendukung tumbuh kembang anak.

Tips yang pertama adalah melakukan filter terhadap bacaan yang hendak kita berikan pada anak. Bacaan untuk anak pada umumnya dapat berupa komik, bacaan penunjang pelajaran dan juga dongeng. Hal ini tentunya di sesuaikan dengan dunia anak yang juga dapat menarik minat baca anak.

Dan tugas kita sebagai seorang orang tua adalah melakukan filter terhadap bacaan yang hendak di baca oleh anak, cobalah untuk memberikan bacaan-bacaan yang dampaknya dapat membangun dan mesugestikan kebaikan pada anak. Hal ini didasarkan karena pada saat ini banyak beredar bacaan-bacaan yang justru dampaknya kurang baik bagi anak.

Tips yang kedua adalah memilih bacaan yang lebih mengutamakan unsur pendidikan di dalamnya. Perlu kita ketahui bahwa pendidikan itu tidak mesti harus anak dapatkan di sekolah saja, namun hal ini dapat di dapatkan anak dari lingkungan sekitar dari apa yang mereka baca dan apa yang mereka lihat.

Usahakan untuk memilih bacaan yang mengutamakan unsur pendidikannya seperti halnya bacaan dongeng yang mengajarkan pendidikan sebagai misi utamanya. Untuk mendapatkan bacaan seperti ini, anda dapat mendapatkannya dengan mudah. Dan jangan lupa untuk memberikan pendampingan kepada anak yang sedang membaca, supaya kita bisa meluruskan apa yang tidak mereka mengerti atau pahami. Dan itulah beberapa tips memilih buku atau bacaan untuk anak, semoga dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here