Teknologi

Tips Menjaga Kinerja Komputer Supaya Tetap Berperforma

Ulasan kali ini akan membahas Tips Menjaga Kinerja Komputer. Seperti halnya perangkat elektronik lain, komputer juga mempunyai keterbatasan didalam kinerjanya. Oleh sebab itu, diperlukan pemahaman supaya sebuah PC bisa terus bekerja dengan optimal.

Tentu akan sangat menjengkelkan jika sedang dalam keadaan penting serta harus terburu-buru untuk mengerjakan sesuatu, namun komputer yang digunakan tiba-tiba menjadi lemot atau menurun performanya.

Terkadang muncul banyak asumsi mengenai sebab menurunnya performa komputer yang dipakai tersebut, yakni mulai dari terkena virus hingga memori yang kecil. Namun jangan gegabah untuk langsung melakukan hal ekstrem terlebih dulu jika Anda mengalami permasalahan tersebut.

Berikut terdapat beberapa Tips Menjaga Kinerja Komputer singkat yang mungkin akan berguna untuk Anda:

  1. Ketika  Anda mulai menghidupkan komputer, diharapkan menunggu terlebih dahulu PC tersebut untuk melakukan boot up secara keseluruhan sebelum Anda membuka aplikasi.
  2. Ketika Anda selesai menggunakan dan menutup sebuah aplikasi, disarankan untuk melakukan refresh pada layar utama atau desktop. Hal tersebut memiliki fungsi untuk membuang file-file yang tidak berguna dan tertinggal yang disebabkan oleh penggunaan aplikasi sebelumnya.
  3. Hindari untuk memasang wallpaper dpada tampilan utama dengan ukuran yang besar guna menjaga kestabilan RAM.
  4. Setiap produk maupun program yang diinstal dalam sebuah komputer tentunya membutuhkan ruang sebagai ‘rumahnya.’ Disamping menghabiskan ruang, program-program tersebut juga akan selalu meminta update untuk bisa bekerja secara maksimal. Oleh sebab itu, disarankan untuk membuang atau bisa juga meng-uninstal setiap program yang sekiranya tidak terpakai supaya memberikan ruang lebih dam RAM tidak akan bekerja terlalu berat.
  5. Hindari menghadirkan banyak shortcut di desktop. Hal ini disebabkan setiap shortcut yang tercipta serta terpampang di tampilan utama, setidaknya akan memakan kapasitas RAM yakni sebesar 500 byte.
  6. Selalu check dan bersihkan Recycle Bin sesering mungkin. Meskipun Anda sudah membuang file yang tidak diperlukan, namun jika data tersebut masih berada dalam Recycle Bin, maka komputer masih membacanya. Selain tiu RAM juga akan terpangkas olehnya.

Tips Menjaga Kinerja Komputer diatas semoga membantu Anda yang ingin menjaga dan juga meningkatkan kinerja dari komputer maupun laptop Anda.