Teknologi

Kenali cara kerja dari panel listrik untuk gedung

Seiring berkembangnya teknologi, maka perkembangan penduduk dunia pun dipengaruhi besar oleh adanya elektronik, salahsatunya untuk menunjang semua kebutuhan energi atau cahaya adalah menggunakan listrik, karena tenaga listrik merupakan sumber energi yang sangat penting untuk kehidupan manusia baik untuk kegiatan industri, maupun kegiatan komersial dalam kehidupan sehari-hari di dalam berumah tangga dll.

Listrik dibutuhkan setiap manusia untuk memenuhi kebutuhan penerangan atau pencahayaan dan juga proses produksi yang melibatkan barang-barang elektronik atau alat-alat dan mesin industri. Mengingat begitu pentingnya manfaat energi listrik. Sedangkan sumber energi pembangkit listrik terutama yang berasal dari sumber daya yang keberadaannya terbatas, maka untuk menjaga kelestarian sumber energi listrik ini perlu diupayakan langkah-langkah yang strategis untuk menunjang penyediaan energi listrik supaya penggunaannya optimal dan terjangkau. Instalasi Listrik Gedung misalnya yang menampung ribuan watt listrik yang digunakan setiap hari.

Electrical switchboard atau lebih kita kenal dengan panel listrik, yaitu terbentuk berdasarkan susunan komponen listrik yang sengaja disusun dalam sebuah papan control, sehingga dapat memudahkan penggunaanya. Untuk lebih mengenal fungsi dari panel listrik kita telebih dahulu mengenal komponen- komponen  panel listrik dan harus memahami  fungsi dari bagian-bagian listrik itu sendiri.

Berikut beberapa komponen panel listrik beserta fungsinya yang perlu anda ketahui

Kontaktor adalah saklar yang digerakkan dengan gaya kemagnetan atau elektromagnet. Pada Kontaktor ada yang disebut coil yang berisi lilitan tembaga sebagai penghasil medan magnit. Cara kerja kontaktor yaitu apabila coil dihubungkan dengan sumber tegangan maka akan terjadilah induksi magnet yang akan menarik setiap kontak (platina) yang terdapat pada kontaktor itu sendiri baik itu NO (Normaliy Open) maupun NC (Normaly Closed). Artinya kontak NO yang pada posisi coil tidak diberi tegangan tidak terhubung/tertutup akan tertarik menjadi terhubung (jadi NC) begitu pula kontak NC adalah kebalikannya (jadi NO terbuka atau terputus. MCCB, MCCB singkatan dari Moulded Case Circuit Breaker. Circuit Breaker pembatas arus apabila terdapat arus beban yg melebihi batas-batasnya. MCCB ini dipakai hampir sama dgn MCB tetapi dgn batas arus beban yg lebih besar dari 100 Ampere sampai dgn 1600 Ampere.

Egatek adalah sebuah perusahaan yang menyediakan komponen atau panel listrik biasa maupun Instalasi Listrik Gedung anda, pabrik maupun individu. pasang sekarang juga di pabrik dan gedung anda, untuk menampung energi listrik menjadi lebih irit dan hemat.